Apakah Yang Terjadi Jika Lingkungan Berubah?

Apakah Yang Terjadi Jika Lingkungan Berubah? - Pengaruh lingkungan pada organisme bersel satu dan organisme rendah sangat besar. Karena selnya langsung berhubungan dengan lingkungan luar, maka sel itu akan langsung dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. 

Untuk dapat hidup normal perubahan lingkungan tidak boleh terlalu besar. kalau perubahan lingkungan tersebut terlalu besar maka organisme itu tidak mampu lagi untuk menyesuaikan diri. 

Dengan adanya perubahan lingkungan, organisme harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan tersebut. Ada yang berhasil dan ada pula yang gagal; sampai akhirnya terdapatlah dunia kehidupan seperti sekarang ini dalam biosfir. 

Apakah Yang Terjadi Jika Lingkungan Berubah?

Manusia dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan secara aktif. Misalnya kalau suhu terlalu rendah, kita dapat membuat baju hangat atau api unggun untuk berdiang. 

Untuk mengatasi kekurangan bahan makanan, manusia berusaha memanfaatkan tanah dengan lebih efektif dan efisien. Jadi manusia dapat dengan sengaja mengubah lingkungan; sebagai akibat dari perubahan lingkungan ini, komunitas juga mengalami perubahan. 

Misalnya tumbuhan dan hewan yang dipindahkan dengan sengaja atau tidak sengaja dari suatu daerah ke daerah lain dapat mengubah suatu komunitas dan lingkunganya. Seringkali tumbuhan atau hewan yang didatangkan dari daerah lain dapat menyebabkan kehancuran ekosistem di tempat yang baru. Itulah sebabnya mengapa karantina tumbuhan dan hewan impor perlu dilaksanakan dengan ketat. 

Perubahan lingkungan oleh manusia, walaupun untuk kepentingan kesejahteraan manusia sendiri, perlu diperhitungkan dengan masak. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel