Aplikasi Mutasi Buatan Pada Tanaman

Aplikasi Mutasi Buatan Pada Tanaman - Berikut diberikan contoh ketiga; dapat disebut disini tentang aplikasi mutasi buatan untuk memperoleh bibit tanaman yang diharapkan. Mutan yang sudah dapat dibuat misalnya anggur tanpa biji, tomat tanpa biji dan tanam - tanaman lain yang menjadi poliploid artinya berkromosom banyak. 

Tanaman poliploid biasanya mempunyai ukuran yang luar biasa besarnya, misalnya dapat terjadi pada kubis (kol) poliploid. Dipandang dari tanaman itu sendiri biasanya tanaman poliploid tak menguntungkan, karena tanaman poliploid umumnya gagal membentuk alat - alat generatif. 

Dipandang dari sudut manusia, konsumen, dari tanaman itu, tentu keadaan ini menguntungkan. Ini pula suatu sebab, mengapa pembibitan perlu dilakukan terus - menerus. 

Aplikasi Mutasi Buatan Tanaman


Catatan:
Hewan - hewan atau tanaman yang sudah dimuliakan sebagai bibit hasil seleksi, tidak memecahkan masalah pertanian dan peternakan. Bibit - bibit hasil seleksi baik dengan cara hibridasi ataupun mutasi buatan perlu diusahakan kemampuan jenisnya. Apalagi kalau diadakan silang balik, misalnya mutan dikawinkan dengan jenis asal mutasi, maka berkecenderungan akan segera menurunkan keturunan seperti semula.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel