Peran atau Fungsi Insecta (Serangga) Bagi Kehidupan Manusia

Peran atau Fungsi Insecta (Serangga) Bagi Kehidupan Manusia - Kalau ada pertanyaan mengenai golongan hewan apakah yang termasuk paling menguntungkan dan merugikan manusia? Jawaban kita tentulah benar jika untuk kedua pertanyaan itu sekaligus kita memberikan jawaban Insecta. 

Peran atau Fungsi Insecta (Serangga) Bagi Kehidupan Manusia

Seperti yang telah diketahui banyak jenis Insecta mengambil peranan pokok dalam penyerbukan bunga tanaman budidaya. Tanpa Insecta kesejahteraan manusia akan menurun. Dalam hubungan ini, sebutkan beberapa contoh ketergantungan manusia terhadap Insecta.
Di samping itu jangan dilupakan bahwa dengan sangat besarnya jumlah Insecta yang terdapat di mana - mana, Insecta merupakan salah satu mata rantai makanan yang amat penting bagi tetap berlangsungnya kehidupan di bumi. 

Kerugian manusia di timbulkan oleh Insecta juga tidak kecil. Suatu waktu ribuan hektar tanaman rusak karena Insecta. Pada umumnya ada berbagai macam hama, terutama terdiri dari Insecta. Jutaan pohon kelapa dapat dirusak karena Insecta. 

Yang teramat penting pula adalah yang berhubungan dengan bahaya penyebaran penyakit. Penyakit - penyakit yang pernah menghantui dunia seperti pes dan malaria, juga ditularkan oleh Insecta. 

Mengingat begitu besarnya peranan Insecta bagi kehidupan manusia, tidak mengherankan jika banyak usaha - usaha mengendalikan Insecta dilaksanakan oleh manusia. Entomologi mengalami kemajuan yang dapat memberi harapan. Berbagai macam insektisida telah dibuat orang. Akan tetapi, kita harus bijaksana dalam menggunakanya agar supaya keseimbangan alam tidak terganggu.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel