Timbul atau Munculnya Manusia Modern

Timbul atau Munculnya Manusia Modern - Yang dimaksud dengan manusia modern, yaitu manusia yang hampir menyerupai manusia sekarang. Namun demikian, kita masih terdapat perbedaan antara manusia yang biasa dari 100.000 tahun yang lalu dengan manusia sekarang. 

Seperti telah disebutkan di muka bahwa pada tahun 1856, ditemukan fosil manusia Neander. Volume otak mereka rata - rata 1.450 cm kubik. Mereka diperkirakan hidup dari 100.000 hingga 40.000 tahun yang lalu.

Fosil manusia dari zaman yang lebih muda dari zaman itu adalah fosil manusia Cro Magnon.

Timbul atau Munculnya Manusia Modern

Masalah transisi dari manusia Nenderthal ke Cro Magnon merupakan masalah yang sangat pelik. Juga masih merupakan suatu pertanyaan apakah manusia Neanderthal merupakan manusia purba Eropa yang pertama? Pertanyaan itu timbul karena dari zaman sebelum manusia ditemukanaya fosil - fosil manusia Neanderthal, misalnya fosil manusia Swanscombe dan England dan fosil manusia Steinheim dan German. 

Kedua fosil tengkorak itu diperkirakan berasal dari zaman 200.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Mungkinkah sudah ada manusia sebelum manusia Neanderthal? 

Di Timur Tengah juga ditemukan fosil - fosil manusia dari zaman 100.000 hingga 30.00 tahun; yang lalu. Fosil - fosil yang ditemukanya sangat heterogen, misalnya fosil manusia Palestina Gunung Carmel yang didapat dari gua Tabun dan Skhul berbeda dari fosil manusia Shanidar yang diperoleh dari gua di gunung - gunung di Irak Utara. 

Ciri - ciri umum yang dimiliki oleh fosil - fosil itu menunjukan persamaan dengan ciri - ciri manusia Neanderthal. Berdasarkan struktur tubuh dan waktu hidupnya, manusia Neanderthal ini juga mempunyai ciri yang sama dengan manusia Solo dan Manusia Rhodesia. 

Berdasarkan hal - hal di atas orang cenderung untuk menyimpulkan bahwa manusia tipe Neanderthal mempunyai penyebaran yang sangat luas tetapi kebenaranya masih diragukan mengingat masa itu belum ada alat - alat transpor.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel