Sumber Makanan Baru: Cara Mengatasi Ledakan Penduduk

Sumber Makanan Baru: Cara Mengatasi Ledakan Penduduk - Kalau pertambahan penduduk dunia tetap seperti sekarang, maka tanah didunia ini tidak akan mampu menghasilkan cukup makanan bagi penduduknya, meskipun digunakan segala teknik baru dalam pertanian dan peternakan. 

Alasan utama dari dugaan ini adalah karena tumbuhan tinggi, yang biasa menghasilkan makanan untuk manusia, tidak dapat ditinggalkan efisiensinya untuk menggunakan energi matahari yang jatuh pada daunya.

Tumbuhan itu hanya dapat menggunakan sedikit sekali energi matahari untuk fotosintesiss. Disamping itu zat organik yang dapat kita makan, tidak lebih dari setengah hasil fotosintesis tumbuhan itu. Sedang dalam penelitian adalah alga hijau Chlorella. 

Sumber Makanan Baru: Cara Mengatasi Ledakan Penduduk
Chlorella

Alga bersel satu itu sangat efisien dalam melakukan fotosintesis. Disamping itu sifat dari alga  bersel satu itu memberi harapan yang baik untuk jadi sumber makanan baru karena: 

1. Dalam lingkungan yang baik berkembang biaknya cepat. Suhu ideal untuk dapat berfotosintesis 
adalah sekitar 25°C. 

2. Kalau ke dalam air kulturnya dimasukan zat organik sederhana, cukup CO2 dan cahaya: maka alga itu akan berfotosintesis dan selanjutnya menghasilkan karbohidrat, protein dan lemak. 

3.Karbohidrat, protein dan lemak yang dihasilkan alga itu, dapat diatur sesuai dengan keinginan  kita. Kalau intensites cahaya, lamanya penyinaran, mineral yang terdapat dalam substratnya diatur  dengan tepat maka alga itu akan menghasilkan perbandingan protein, karbohidrat dan lemak sesuai  dengan keinginan kita. Hal ini tidak dapat kita lakukan dengan tumbuhan tinggi, yang hanya  menghasilkan sedikit karbohidrat protein dan lemak yang perbandinganya tetap. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel