Fungsi Hormon Gas Etilen Terhadap Buah Dan Pertumbuhan Batang Tumbuhan

Fungsi Hormon Gas Etilen Terhadap Buah Dan Pertumbuhan Batang Tumbuhan - Tumbuh - tumbuhan menghasilkan etilen untuk merespon terhadap adanya stres (tekanan), seperti kekeringan, kebanjiran, tekanan kimia, luka dan infeksi. Etilen juga dihasilkan pada saat pemasakan buah atau untuk merespon terhadap peningkatan kadar auksin yang terlalu tinggi. Secara komersial, etilen dimanfaatkan untuk mempercepat pematangan buah.

Gas etilen adalah hormon yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua. Jika buah yang sudah tua tetapi masih berwarna hijau disimpan dalam kantong tertutup maka akan cepat masak. Hal ini disebabkan oleh gas etilen yang dihasilkan buah tersebut.

Salah satu cara mencegah kerusakan  karena pembusukan buah - buahan yang akan dikirimkan ke suatu daerah konsumen maka para pengusaha buah - buahan memetiknya pada saat masih hijau. Selanjutnya, buah tersebut disimpan dalam kotak yang ventilasinya baik, Dengan demikian, pemasakan buah tidak terlalu cepat, sehingga sesampainya ditempat tujuan buah baru akan masak.

Gas etilen juga menyebabkan pertumbuhan batang menjadi tebal dan kukuh. Di samping itu, bersama - sama hormon lain akan menimbulkan reaksi yang karakteristik. Bersama auksin, gas etilen dapat memacu perbungaan pada perbungaan dan nanas. Bersama  - sama giberelin, gas etilen dapat mengatur perbandingan bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan berumah satu. 

Demikian Fungsi Hormon Gas Etilen Terhadap Buah Dan Pertumbuhan Batang Tumbuhan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel