Kedudukan Biologi Dan Manfaatnya Dengan Ilmu - Ilmu Lain

Kedudukan Biologi Dan Manfaatnya Dengan Ilmu - Ilmu Lain - Dalam perkembangan lebih lanjut, ternyata biologi tidak berdiri sendiri. Biologi berkembang pesat dengan ditemukanya berbagai alat yang bekerja berdasar prinsip fisika seperti mikroskop, alat - alat listrik, termometer, alat elektronika, tabung sinar X, kalorimeter, dan lain - lain.

Kedudukan Biologi Dan Manfaatnya Dengan Ilmu - Ilmu Lain

Prinsip - prinsip fisika banyak membantu menjelaskan gejala - gejala biologi. Gejala - gejala yang bersifat fisis seperti osmosis, difusi, adsorbsi, absorbsi, imbibisi kapilaritas juga dapat terjadi dalam organisme hidup. Untuk dapat memahami peristiwa - peristiwa ini secara baik diperlukan pengertian fisika khsusus, yaitu fisika hayat.

Peristiwa pencernaan dengan berbagai enzimnya, dapat dipahami melalui ilmu kimia. Bahan - bahan makanan seperti karbohidrat, protein, lemak adalah bahan kimia hayati. Produksi dan fungsi hormon dapat dipahami secara mendalam bila kita mengerti ilmu kimia. Peristiwa fotosintesis yang menjadi dasar penyediaan makanan bagi semua makhluk hidup adalah peristiwa fisika kimia.

Dengan bantuan fisika dan ilmu kimia, biologi makin berkembang ke arah tingkat molekuler dan lahiriah biologi molekuler. Babak ini dapat menyingkap inti persoalan tentang sifat - sifat menurun (hereditas) dan lahirlah ilmu keturunan atau genetika.

Di tengah - tengah ilmu - ilmu alam yang lain, biologi dapat merupakan motivator bagi berkembangnya cabang IPA yang lain, sementara itu biologi sendiri dapat melaju dengan memanfaatkan cabang IPA lainya. Seperti telah dibicarakan dalam peranan biologi, biologi berkedudukan amat penting karena merupakan ilmu yang mendasari berbagai ilmu terapan yang lain.

Indonesia yang terletak di daerah tropis yang kaya akan flora dan faunanya, memerlukan ahli - ahli biologi yang dapat mengelola kekayaan alam ini secara lestari.

Secara tidak langsung, biologi juga mempunyai kedudukan yang penting dalam ilmu sosial - ekonomi, geografi dan bahkan ilmu pertahanan semesta dan mencari contohnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel