Peranan Biologi Dalam Kehidupan Manfaat Belajar Biologi Sebagai IPA

Peranan Biologi Dalam Kehidupan Manfaat Belajar Biologi Sebagai IPA - Kita telah membahas biologi sebagai disiplin ilmu. Dengan belajar biologi, diharapkan kalian dapat memanfaatkan pengetahuan  biologi untuk kehidupan sehari - hari. Dengan belajar biologi sebagai IPA, diharapkan kamu dapat memiliki ketrampilan IPA dan bersikap ilmiah.

Seseorang yang memiliki dan mengamalkan pengetahuan biologi akan bersikap dan bertindak berbeda terhadap berbagai persoalan hidup dan kehidupan dibandingkan orang tidak memiliki pengetahuan biologi. Inilah peranan pertama dan utama biologi dalam kehidupan, yaitu membentuk manusia yang sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkunganya. Ia menyadari kedudukanya sebagai salah satu makhluk di tengah - tengah makhluk lain.

Biologi telah menolong manusia di dunia ini dari berbagai malapetaka seperti wabah penyakit dan kelaparan. Dengan biologi para ilmuwan mengetahui bagaimana penyakit dapat menyebar dan menular sehingga memudahkan cara menanggulanginya dan memberantasnya.

Pengetahuan biologi telah membuat manusia sadar perlunya memilih makanan yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuhnya, menginsyafkan manusia pada pentingnya olah raga sebagai upaya menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. Berbagai obat - obatan antibiotik serta obat anti infeksi, yang telah menyelamatkan jutaan manusia dari kematian ditemukan, juga melalui pengetahuan biologi.

Indonesia dapat berdikari dalam mencukupi kebutuhan beras berkat pengetahuan biologi, baik dalam menemukan bibit unggul maupun cara menanam dan memeliharanya.

Pengetahuan biologi telah mengajarkan kepada kita bagaimana menjaga dan melestarikan flora dan fauna yang merupakan kekayaan alam Indonesia dan merupakan anugerah Tuhan Pencipta Alam Semesta yang tidak ternilai harganya.

Flora dan fauna dapat memberi kepada manusia ketentraman perasaan dan pikiran. Biologi memberi manusia pengetahuan tentang menjinakan dan memelihara hewan dan tumbuhan liar sehingga dapat dimanfaatkan bagi kehidupan.

Dengan pengetahuan biologi, manusia dapat melestarikan penyediaan kebutuhan hidup yang pokok seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin baik yang berasal dari tumbuhan maupun yang berasal dari hewan. Tentu tak dapat diabaikan peranan biologi dalam penyediaan sandang dan papan.

Akhirnya kita juga dapat menyatakan tentang peranan biologi sebagai pengetahuan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan disiplin ilmu yang lain seperti pertanian, peternakan, kedokteran, perikanan, kehutanan, kependudukan dan lingkungan hidup (KLH) dan lain sebagainya. Siapa saja yang ingin menguasai dan mendalami ilmu - ilmu ini, harus belajar biologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel