Pemecahan Masalah Biologi Melalui Metode IPA

Pemecahan Masalah Biologi Melalui Metode IPA - Eksperimen merupakan kegiatan melalui tata cara tertentu yang biasa dilakukan oleh ilmuwan, untuk menemukan jawaban suatu masalah. Hampir tidak ada orang ilmuwan yang menempuh pola cara yang persis sama dalam memecahkan masalah.

Namun pasti ada beberapa persamaan yang menjadi indikator (petunjuk dalam melaksanakan cara atau metode yang ditempuh. Metode yang ditempuh itu adalah metode IPA).

Beberapa persamaan yang menjadi indikator dalam metode IPA adalah sebagai berikut.

Menyadari Adanya Suatu Masalah

Bersama dengan seorang pembimbing,  dalam belajar biologi kalian akan berlatih menjadi seorang ilmuwan yang akan melakukan eksperimen untuk memecahkan masalah yang timbul dari hasil pengamatan. Masalah itu dirumuskan kemudian dicari informasi lebih banyak (mengumpulkan fakta) yang bersangkut paut dengan masalah yang dihadapi.

Informasi yang tidak ada sangkut paut dengan masalahnya dikesampingkan, mulailah disusun jawaban sementara atau hipotesis.

Menguji Hipotesis

Untuk menguji apakah hipotesis benar, ilmuwan melakukan eksperimen.

a. Perencanaan
Sebelum melakukan eksperimen ilmuwan membuat pelaksanaan dan menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan itu didaftar agar tidak ada yang terlewat, dan tersedia sewaktu diperlukan.

b. Pelaksanaan Eksperimen
Pelaku eksperimen menyiapkan semua kondisi yang sama terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tindakan demikian disebut mengontrol variabel.

Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan, sedang kelompok kontrol tidak. Contoh perlakuan misalnya pemberian pupuk, pemberian cahaya dan lain sebagainya. Perlakuan yang ditentukan oleh pelaku eksperimen, disebut variabel bebas sedang gejala yang timbul atau mengikuti perubahan sebagai akibat perlakuan disebut variabel tak terbatas.

c. Observasi dalam Eksperimen
Pelaku eksperimen tersebut mengamati dengan teliti perubahan atau gejala apa yang terjadi dalam percobaan. Pengamatanya terpusat pada gejala yang mungkin timbul oleh perkecualian perlakuan pelaku eksperimen meneliti lebih lanjut dengan meneruskan observasi dan mengumpulkan data lebih banyak.

d. Menjawab Masalah
Masalah atau pertanyaan yang hendak dijawab melalui eksperimen tersebut diatas dan ditemukan dari analisis data yang diperoleh dalam eksperimen kemudian didiskusikan. Dalam diskusi tersebut dicari hubungan antara perlakuan dalam eksperimen dengan gejala atau hasilnya; dengan kata lain dicari hubungan antara variabel bebas dan tak bebasnya. Untuk meyakinkan bahwa jawaban itu benar, ilmuwan perlu menguji sekali lagi jawaban itu melalui eksperimen.

e. Menguji Jawaban
Untuk menguji jawaban dan meyakinkan kebenaranya, perlu pengujian sekali lagi melalui percobaan di laboratorium. Pengujian ini dilakukan dengan kondisi dan perlakuan yang sama seperti semula, terutama dalam hal penentuan variabel - variabelnya.

Sampai di sini kalian telah dapat memahami arti biologi sebagai IPA dan bagaimana seyognyanya berlajar biologi. Biologi bukan sekedar pelajaran hafalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel