Mengenal Macam - Macam Keanekaragaman Hayati

Mengenal Macam - Macam Keanekaragaman Hayati - Mari keita keluar rumah tempat tinggal kitam membuka mata telinga mengamati alam lingkungan. Kita akan melihat, mendengar atau lebih luas menghayati adanya berbagai makhluk hidup di sekeliling kita. Yang segera kita amati adalah pepohonan, perdu dan kemudian rerimputan.

Jika kita periksa lebih seksama, pada tumbuh - tumbuhan tersebut akan kita temui juga macam - macam serangga, mungkin burung, cecak pohon dan hewan lainya.

Mari kita berjalan lebih jauh dan perhatikan lebih seksama apa yang terjadi antar mereka itu. Semut yang kita lihat ternyata banyak macamnya, dan tiap macam banyak pula jumlahnya. Semut - semut itu ada yang sedang merubung bangkai lalat, ada yang sedang menggotong sobekan daun dan macam - macam tingkah laku membuat sarangnya. 

Mengenal Macam - Macam Keanekaragaman Hayati

Ulat sedang menggerek ranting, melahap daun, kemudian burung datang menyambarnya. Seekor ular menyambar katak yang baru saja menelan serangga dan dari udara burung bangau terjun ke sungai menyambar ikan.

Mereka itu hidup dan tumbuh pada tempat yang berbeda - beda, ada yang berdiam di tempat teduh, tempat panas, tempat becek, tempat kering, di pohon, dalam air dan lain sebagainya. Tampak oleh kita adanya keserasian antara makhluk hidup itu dengan tempat hidupnya.

Begitu banyaknya jenis makhluk hidup, begitu pula banyak macamnya habitat yang menjadi tempat tinggalnya. Keanekaragaman jenis itu terbentuk oleh kesesuaian perangkat genetika yang mengatur sifat - sifat kebakaan dalam berinteraksi dengan tempat hidupnya.

Sampai di sini kita telah menyebut keanekaragaman hayati tumbuh dan berkembang dari keanekaragaman jenis, keanekaragaman genetika, dan keanekaragaman interaksi jenis dalam suatu tempat tinggal atau keanekaragaman ekosistemnya.

Karena dari ketiga macam keanekaragaman itu saling kait - mengkait tidak terpisahkan satu sama lain, ketiganya kita pandang sebagai satu keseluruhan (totalitas), yaitu keanekaragaman hayati.

Dari sini kita mengetahui keanekaragaman hayati menunjukan kepada kita adanya berbagai macam variasi bentuk, penampilan, jumlah dan sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan gen, tingkat jenis dan tingkat ekosistem. Namun untuk memudahkan cara kita mempelajari pokok bahasan ini, pusat perhatian kita arahkan pada keanekaragaman jenis terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel