Organ Tumbuhan (Struktur Bunga)

Organ Tumbuhan (Struktur Bunga) - Bunga merupakan organ reproduksi pada tumbuhan, dan merupakan hasil modifikasi atau perubahan bentuk batang dan daun yang bentuk susunan dan warnanya telah disesuaikan dengan fungsinya sebagai alat perkembangbiakan pada tumbuhan.

Bagian dasar bunga dan tangkai bunga, merupakan modifikasi batang, sedangkan kelopak dan mahkota bunga merupakan modifikasi dari daun yang bentuk dan warnanya berubah. Bagian bunga sebagian masih tetap bersifat seperti daun, sedangkan sebagian lagi akan mengalami metamorfosis membentuk bagian yang berperan dalam proses reproduksi.

Struktur bunga dapat anda lihat seperti yang tampak pada gambar, meliputi alat perhiasan dan alat reproduksi. alat perhiasan terdiri dari atas kelopak dan mahkota bunga, sedangkan alat reproduksi terdiri atas benang sari dan putik.

Organ Tumbuhan (Struktur Bunga)
Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang masih mempertahankan sifat daun. kelopak bunga berfungsi untuk melindungi kuncup bunga sebelum mekar. Mahkota bunga biasanya memiliki warna dan bentuk yang menarik jika dibandingkan dengan kelopak bunga.

Mahkota bunga ini berperan dalam menarik serangga dan agen penyerbukan yang lain. benangsari merupakan bagian yang berperan sebagai alat reproduksi jantan pada bunga, benangsari terdiri dari atas kepala sari yang merupakan tempat berkembangnya serbuk sari atau gametofit jantan dan suatu tangkai yang disebut filamen atau tangkai sari.

Putik merupakan alat reproduksi betina bunga, Pada putik terdapat kepala putik yang biasanya memiliki permukaan yang lengket sebagai tempat menempelnya serbuksari. Selain itu, putik memiliki saluran yang disebut tangkai putik. saluran ini menuju ovarium pada dasar bunga yang mengandung bakal buah tempat sel telur atau gametofit betina.

Setiap jenis tumbuhan memiliki bunga yang bentuk, susunan, dan sifat berbeda sehingga bunga dapat dijadikan sebagai tanda pengenal tiap- tipe jenis tumbuhan yang berbunga. Bunga dapat dibedakan berdasarkan jumlah bunga dan tata letaknya pada suatu tumbuhan serta susunan bagian bunga dalam satu tangkai bunga.

Tumbuhan yang menghasilkan banyak bunga disebut sebagai tumbuhan berbunga banyak atau "planta multiflora", sedangkan tumbuhan yang hanya menghasilkan satu bunga disebut tumbuhan berbunga tunggal atau "planta uniflora.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel