Kedudukan Biologi Dalam Dunia Ilmu Pengetahuan

Kedudukan Biologi Dalam Dunia Ilmu Pengetahuan - Biologi sebagai ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu pengetahuan murni, demikian juga fisika, kimia, dan matematika. Apa yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan murni dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terapan seperti kedokteran, ilmu pertanian, ilmu farmasi, dan ilmu pertambangan. 

Ada orang yang menyukai ilmu tumbuhan atau botani saja. Orang lain menyukai ilmu hewan atau zoologi saja, sedang orang lain lagi menyukai ilmu jasad renik, atau mikrobiologi saja. Baik botani, zoologi maupun mikrobiologi disebut cabang biologi. Selain ketiga cabang itu biologi masih mempunyai banyak cabang yang lain. Perhatikan tabel berikut. 

Masih banyak cabang biologi lain yang belum dicantumkan dalam daftar ini. Akan tetapi, kiranya jumlah tertera diatas sudah cukup memberi gambaran tentang betapa luas usaha manusia dalam mengembangkan pengetahuanya.
Kedudukan Biologi Dalam Dunia Ilmu Pengetahuan

Disamping itu, kita kenal biologi yang dikaitkan dengan ilmu kimia, yaitu ilmu Biokimia dan biologi yang dikaitkan dengan fisika, yaitu Biofisika. Hal itu terjadi karena ilmu - ilmu itu tidak dapat berdiri sendiri, sehingga senantiasa terjadi pembauran. 

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi, makin mendalam pula pengkajian yang dilakukan dalam biologi. Munculah biologi molekular karena manusia telah mampu juga menjelajah sampai ke luar biosfer, biologi pun turut mengkaji pengaruh lingkungan di angkasa luar terhadap makhluk hidup

Biologi, sebagai ilmu pengetahuan, tumbuh dari usaha manusia untuk memecahkan masalah - masalah biologi yang dihadapinya dan masalah - masalah itu tidak akan ada habis - habisnya. Oleh karena itu, marilah kita belajar agar dapat memahami cara memecahkan masalah biologi dengan metode ilmiah.
semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel