Ekosistem dan Beberapa Ekosistem

Ekosistem dan Beberapa Ekosistem - Pada suatu daerah tertentu, senantiasa pula terdapat populasi - populasi dari berbagai spesies. Antara populasi yang satu dengan populasi yang lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung. 

Dengan demikian terjadilah suatu kehidupan komunitas. Jadi berbagai populasi akan membentuk suatu komunitas di daerah tertentu. Dalam suatu komunitas senantiasa terdapat tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. 

Ekosistem dan Beberapa Ekosistem

Beberapa Ekosistem

Makhluk hidup tidak hanya tergantung pada makhluk lain, tapi tergantung juga pada makhluk tak hidup. Komunitas - komunitas dengan lingkungan fisik tempat hidupnya membentuk suatu ekosistem. Contoh dari ekosistem misalnya; kolam, hutan dan sawah. 

Seluruh ekosistem dalam dunia ini membentuk biosfir. Apakah bulan dan planet - planet lain selain bumi mempunyai biosfir? Dari laporan misi ke bulan telah kita ketahui bahwa di bulan tidak ada makhluk hidup. Bagaimanakah di planet Mars? 

Dengan menduga di planet Mars ada air, jadi mungkin ada makhluk hidup. Kita tunggu saja perkembangan dari peneliti - peneliti selanjutnya. 

Andaikata di Mars ada makhluk hidup, tetapi berlainan dengan makhluk hidup yang ada dibumi, maka konsep tentang hidup mungkin akan berubah. Memang demikianlah dengan ilmu pengetahuan alam. Kalau hasil - hasil penelitian membuktikan bahwa teori lama itu kurang tepat, maka gugurlah teori tersebut dan diganti dengan teori baru.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel