Keuntungan Dari Kemajuan Teknologi Beserta Contoh

Keuntungan Dari Kemajuan Teknologi Beserta Contoh - Jelas sudah dapat kita alami sekarang bahwa kemajuan teknologi bermanfaat bagi manusia dan perdamaian dunia. Karena kemajuan teknologi, kita dapat menyaksikan dan mendengarkan peristiwa yang terjadi di negeri lain yang letaknya beribu - ribu kilometer pada waktu yang sama. 

Misalnya kita dapat menyaksikan olimpiade Munchen dari Indonesia, karena adanya pesawat televisi dan penggunaan satelit buatan. Dengan dapat dilakukanya siaran langsung demikian, maka hubungan antar bangsa dapat lebih baik. Bahkan misi ke bulan juga dapat turut kita saksikan melalui televisi. 

Dengan ditemukanya pesawat terbang, jarak antara tempat satu dengan yang lain seolah - olah lebih dekat. Dengan kemajuan teknologi pula dapat dibuat kendaraan, baik kendaraan umum maupun kendaraan perorangan, untuk kemudahann dan kesenangan manusia. 

Sebagai akibat dari kemajuan science dan teknologi, laju kematian bayi dapat direndahkan. Banyak penyakit dapat diberantas, sehingga penderitanya dapat tertolong. 

Radioaktivita berbahaya bagi manusia, kalau kadarnya tinggi, seperti yang diradiasikan oleh bom atom atu bom nuklir. Tapi dalam kadar yang rendah, radiasi itu tidak berbahaya. Di alam sebenarnya banyak zat - zat radioaktif, seperti yang terdapat dalam tanah atau batu granit. 

Radioaktifvita alam ini telah berjalan berjuta tahun, tetapi karena kadarnya kecil tidak membahayakan manusia, Dr Edward Teeler telah membuat dugaan - dugaan sebagai berikut :
  • Kalau seluruh badan sesearang dikenai sinar radioaktif sebesar 1000 rontgen, hampir dapat dipastikan bahwa, orang itu akan mati dalam waktu tidak lebih dari satu bulan. 
  • Kalau dikenai sinar radioaktif sebesar 400 - 500 Roentgenn, kemungkinan hidup atau matinya 50%. 
  • Kalau dikenai sinar radioaktif 100 Roentgen, umurnya akan lebih pendek, tetapi tidak segera mati karenanya. Ada kemungkinan bahwa dia akan menderita leukimia dan kanker. 


Dalam bidang kedokteran telah banyak diselidiki penggunaan sinar radioaktif baik untuk diagnosa maupun pengobatan. Dengan diketahuinya bahwa jaringan abnormal atau yang berpenyakit lebih peka terhadap radiasi, maka pengobatan kanker dilakukan dengan radiasi ini. 

Dengan penggunaan radioisotop yang cocok, pengaturan kadar dan lamanya penyinaran, maka jaringan yang abnormal itu akan mati, sedangkan jaringan sehat tidak terganggu. 

Penggunaan karbon radioaktif dalam pengobatan penyakit tuberkulosis telah berhasil dengan baik. Suatu larutan Isoniazid dengan karbon radioaktif diberikan pada penderita tuberkulosis aktif. 

Setelah dua jam penggunaan obat ini ternyata dalam paru - paru penderita itu, telah cukup banyak terkandung obat tersebut yang menghentikan pertumbuhan basil tuberkulosis. 

Dalam bidang agronomi, yaitu ilmu yang mempelajari tanaman dan pengolahan tanah, penggunaan radioisotop banyak menolong dalam penelitian tentang penggunaan pupuk, fotosintesis dan pengaruh penyemprotan zat - zat kimia. 

Misalnya dengan menggunakan radioisotop dapat diketahui kapan suatu tanaman harus dipupuk, untuk mendapatkan hasil sebaik - baiknya. Demikian pula sinar radioaktif dapat digunakan dalam sterilisasi, bahkan dapat juga digunakan untuk sterilisasi makanan, yaitu dengan menggunakan sinar gama. 

Sinar radioaktif dapat juga digunakan untuk pemberantasan hama dan penyakit. Sinar gama dari kobalt (Co) radioaktif dapat menyebabkan telur serangga perusak kayu tidak menetas, atau kalau serangganya yang kena sinar tersebut, dia akan menghasilkan telur yang tidak dapat menetas. 

Namun demikian, penggunaan zat radioaktif ini masih terus dikembangkan supaya penggunaanya dapat ekonomis dan bahaya yang mungkin terjadi dapat dihindarkan. 

Meskipun kemajuan teknologi menguntungkan dan meninggikan kesejahteraan manusia, tetapi ada juga akibat - akibatnya yang dapat merugikan manusia, mungkin dapat menghancurkan manusia sendiri.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel