KROMOSOM: Mekanisme Kromosom Pada Manusia

KROMOSOM: Mekanisme Kromosom Pada Manusia - Dalam keadaan sel giat melaksanakan metabolismanya, kromosom-kromosom ini memanjang dan tidak nampak; tetapi menjelang sel membelah diri, kromosom-kromosom ini memendek dan menebal dan mudah menyerap zat pewarna sehingga dapat terlihat di bawah mikroskop.

Manusia memiliki 46 kromosom dalam tiap inti selnya, 23 berasal dari ibu dan 23 dari ayah.

Manusia memulai hidupnya sebagai sebuah sel, yaitu sel telur yang dibuahi dan mengandung 46 kromosom. Sel itu berkembang biak menjadi kira-kira 10.000.000.000.000 (sepuluh ribu milyar) yaitu jumlah yang terdapat pada orang dewasa. Karena semua sel - sel itu tumbuh dari pembelahan mitosis, maka jumlah dan macam kromosom dalam tiap sel yang 10.000 milyar itu pada umumnya sama.
Memang ada perkecualian. Sel-sel darah merah yang beredar dalam pembuluh-pembuluh darah kita tidak berinti, jadi tak berkromosom. Dalam beberapa kelenjar (hati: ginjal) sel-selnya dapat mengandung jumlah kromosom kelipatan 46 yaitu = 2 >< 46 atau 4 x 46 kromosom. Hal ini dapat terjadi dalam keadaan tak normal.

KROMOSOM: Mekanisme Kromosom Pada Manusia
Dari sebelah luar, kromosom nampak sebagai batang, tetapi didalamnya mengandung suatu struktur yang terdiri dari benang - benang inilah terletak secara teratur gen - gen. Setiap benang terdiri dari serabut-serabut halus yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.

Tebal serabut-serabut ini kira-kira 4 >< 10¯⁶ mm. Serabut - serabut ini tak lain adalah deretan molekul-molekul yang membangun yang membangun gen dalam kromosom.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel