Tiga Cara Mengukur Pertambahan Penduduk

Tiga Cara Mengukur Pertambahan Penduduk - Untuk mengukur pertambahan penduduk ada tiga cara yang biasa digunakan adalah: 

1.Persentase pertambahan penduduk dalam 10 tahun, atau dinamakan juga pertambahan per dekade. Misalnya di India penduduk India bertambah 21.50% dalam tahun 1951 - 1961. 

2. Angka pertambahan penduduk tiap tahun. Angka ini memperlihatkan pertambahan penduduk tiap tahun, yang dapat dicari dengan menggunakan rumus; 

Tiga Cara Mengukur Pertambahan Penduduk

Dengan menggunakan rumus ini di India pada tahun 1958 - 1962 pertambahan penduduknya 2,3 persen pertahun, sedangkan di Indonesia pertambahan penduduk pada tahun 1960 adalah 2,6 persen pertahun. 

3. Angka pertambahan alamiah didapatkan dengan cara mengurangi angka kelahiran dengan angka kematian. Sebagai contoh di India angak pertambahan itu adalah 19 perseribu dalam tahun 1961. Kemajuan dalam bidan pemeliharaan kesehatan dapat memperpanjang hidup manusia. 

Demikian pula pengaruh kemajuan ilmu kedokteran dapat merendahkan jumlah kematian bayi. Sebenarnya pertambahan jumlah penduduk itu tidak akan jadi masalah, selama sumber - sumber alam dan tempat tinggal masih mencukupi.  

Tetapi kenyataan sekarang adalah bahwa penduduk bertambah terus, tetapi pertambahan jumlah tanah yang dapat menghasilkan bahan makanan, tidak sebanding dengan penambahan jumlah penduduk.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel