Macam - Macam Mutasi Gen Sifat Peristiwa Mutasi dan Faktor Mutasi Gen

Macam - Macam Mutasi Gen Sifat Peristiwa Mutasi dan Faktor Mutasi Gen - Gen adalah substansi hereditas berupa suatu kesatuan kimia yang berfungsi untuk mengatur perkembangan dan metabolisme individu serta menyampaikan informasi genetik dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Gen sebagai suatu kesatuan kimia yang bersifat mantap, walaupun mengalami proses pewarisan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Meskipun demikian, pada jangka waktu tertentu karena pengaruh berbagai faktor bisa saja kesatuan kimia tersebut mengalami perubahan. Perubahan kesatuan kimia gen ini menyebabkan berubahnya sifat makhluk hidup yang bersifat menurun. Peristiwa ini disebut mutasi. Individu yang mengalami mutasi disebut mutan dan penyebab mutasi disebut mutagen.
Macam - Macam Mutasi Gen Sifat Peristiwa Mutasi dan Faktor Mutasi Gen
Konsep : Gen merupakan substansi hereditas berupa kesatuan kimia yang berfungsi untuk mengatur perkembangan dan metabolisme individu dan menyampaikan informasi genetika dari satu generasi ke generasi berikutnya. 

Peristiwa mutasi tersebut mempunyai sifat sebagai berikut :
  • Jarang terjadi pada proses biasa dari replikasi DNA.
  • Tidak ada cara untuk mengetahui manakah gen yang akan mengalami mutasi pada suatu sel atau dalam suatu generasi. 
  • Munculnya secara bebas.
Mutasi gen merupakan peristiwa yang terjadinya secara kemungkinan, sukar diamati, dan jarang terlihat. Hal itu disebabkan faktor berikut : 
  • Gen yang mengalami mutasi dalam satu individu tidak menonjolkan diri karena jumlah gen yang terdapat dalam satu individu banyak sekali.
  • Gen yang mengalami mutasi bersifat letal sehingga gejala mutasi tidak dapat diamati sebab individu segera mati sebelum dewasa.
  • Gen yang mengalami mutasi umumnya bersifat resesif sehingga dalam keadaan heterozigot tidak akan terlihat.

Macam - Macam Mutasi :

Berdasarkan bagian yang bermutasi, mutasi dapat dibedakan menjadi dua : 
  • Mutasi besar (gross mutation), yaitu mutasi yang ditandai dengan perubahan jumlah kromosom dan perubahan struktur atau urutan susunan DNA pada kromosom. Mutasi seperti itu sering disebut mutasi kromosom atau aberasi kromosom.
  • Mutasi kecil (mutasi titik = point mutation), yaitu perubahan yang terjadi pada susunan kimia molekul DNA atau gen. Karena itu, mutasi itu disebut juga mutasi gen. 
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel