Akar Tunggang Dan Bentuk - Bentuk Istimewa

Akar Tunggang Dan Bentuk - Bentuk Istimewa - Berdasarkan dari percabangan dan bentuk - bentuk akar, akar tunggang dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk antara lain adalah sebagai berikut :

Akar tunggang yang tidak bercabang atau sedikit cabangnya, dan jika terdapat cabangnya biasanya cabang tersebut terdiri akar - akar yang halus dan bentuknya serabut. Akar tunggang yang bersifat demikian ini merupakan tempat penimbunan zat makanan cadangan, dan memiliki bentuk istimewa antara lain :

Akar Tunggang Dan Bentuk - Bentuk Istimewa
  • Bentuk seperti tombak (Fusiformis) : Adalah jika pangkalnya besar, meruncing ke ujung dengan serabut- serabut akar sebagai cabang yang biasanya menjadi tempat penimbunan makanan dan disebut akar tombak atau akar pena, misalnya : Lombok atau (Raphanus sativus L), Wortel (Daucus carota L).
  • Bentuk gasing (Napifornis) : Yaitu apabila pangkal akar besar membulat akar - akar serabut sebagai cabang hanya pada ujung yang sempit meruncing, sehingga disebut akar gasing, misalnya : bengkuang (Pachirrhi zus eros urb.), biet ( Beta Vulfaris L).
  • Bentuk Benang (Filiformis) : Akar tunggang ini berbentuk kerucut panjang, tumbuh lurus kebawah, bercabang banyak dan cabangnya bercabang lagi. Susunan akar ini terdapat pada pohon - pohon yang ditanam dari biji. 
     Demikian artikel Akar Tunggang Dan Bentuk - Bentuk Istimewa. Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel