Organisasi Biotik dan Perubahan Lingkungan

Organisasi Biotik dan Perubahan Lingkungan - Yang pertama adalah Perubahan Lingkungan,Telah diketahui bahwa tidak mungkin ada makhluk hidup yang dapat hidup menyendiri. Makhluk hidup terdapat dalam lingkungan tertentu.

Lingkungan tersebut dapat dibedakan menjadi lingkungan biotik dan lingkungan antibiotik (lingkungan fisik). Lingkungan biotik terdiri dari makhluk - makhluk hidup lainya, sedangkan lingkungan antibiotik terdiri dari makhluk - makhluk tak hidup. 

Lingkungan biotik
Yang termasuk dalam lingkungan biotik, bukan saja hewan atau tumbuhan yang terdapat di luar suatu organisme tetapi juga makhluk hidup yang terdapat dalam tubuh organisme tersebut. Parasit yang terdapat dalam lambung atau usus, bahkan dalam darah merupakan bagian dari lingkungan biotik. 

Lingkungan Fisik
Lingkungan fisik dari suatu organisme terdiri dari makhluk - makhluk tak hidup, antara lain adalah tanah, udara, air temperatur, kelembaban dan cahaya matahari sebagai sumber energi dari segala makhluk hidup di dunia ini baik langsung maupun tidak langsung, adalah matahari. 

Organisasi Biotik dan Perubahan Lingkungan

Energi matahari yang digunakan oleh makhluk hidup hanya sedikit saja dibandingkan dengan yang tidak langsung digunakan. Tetapi energi yang tidak langsung digunakan mempunyai peranan yang penting sekali sehingga memungkinkan bumi kita dapat dihuni oleh makhluk - makhluk hidup.

Organisasi Biotik dan Perubahan Lingkungan

Meskipun data yang didapat itu dari suatu tempat tertentu, dan dapat berbeda dengan data dari tempat lain, tetapi dimanapun peran energi yang dipakai tumbuhan hijau untuk fotosintesis relatif kecil sekali. Suhu lingkungan disebabkan oleh adanya radiasi matahari. Air yang menguap mungkin kelak akan jatuh sebagai hujan. Ingatkah kamu tentang siklus air? 

Suhu lingkungan mempunyai peranan penting bagi kehidupan organisme. Ingatlah pada tumbuhan yang hanya dapat hidup pada rentangan suhu tertentu. Hewan maupun tumbuhan mempunyai suhu optimum untuk metabolisme dan pembiakan. 

Udara kering dikatakan mempunyai komposisi yang sama adalah ± 78% Nitrogen, ± 21 % Oksigen dan ± 1% karbon dioksida. Dalam hal ini gas - gas mulia, seperti Helium, Argon, Neon dan lain - lainya tidak diperhitungkan, karena tidak mempunyai arti bagi kehidupan suatu organisme. 

Air dan tanah mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan suatu organisme, karena kandungan zat kimianya. Hewan yang hidup di laut mempunyai daya adaptasi untuk hidup dalam air laut yang mempunyai kadar garam yang tinggi. 

Organisme yang hidup di air tawar juga beradaptasi terhadap lingkungan yang mempunyai kadar garam yang rendah.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel