Organisasi Biotik

Organisasi Biotik - seperti yang telah diketahui, dunia ini banyak makhluk hidup, sehingga tidaklah mudah mempelajarinya. Untuk dapat mengerti makhluk hidup kita tidak dapat mempelajari hanya satu individu saja. Seperti halnya untuk mengerti tentang hutan, kita tidak akan mencapai tujuan kalau hanya mempelajari masing - masing pohon atau masing - masing hewan yang ada di hutan itu. Kita harus mempelajari sebagai suatu kesatuan. 

Organisasi Biotik

Dalam alam ini tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup sendiri. Makhluk hidup senantiasa bersama - sama dengan makhluk hidup lain. Kelompok makhluk hidup yang spesiesnya sama, dinamakan populasi.


Sejak abad ke delapan belas para ahli sistematik berpendapat bahwa adanya persamaan anatomi dan fisiologi pada individu menyebabkan mereka tergolong dalam spesies tertentu. Pada abad ke 20 ini konsep tersebut berubah. 

Pengertian sekarang adalah: suatu individu tergolong dalam spesies tertentu, kalau individu itu hidup bersama dalam suatu populasi tertentu dan berfungsi sebagai anggota populasi. Sebagai akibat dari hidup bersama dan berfungsi sebagai anggota populasi, maka individu - individu itu dapat memperlihatkan persamaan anatomi dan fisiologi.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel