Adenosin Trifosfat Molekul Yang Terlibat Dalam Metabolisme

Adenosin Trifosfat Molekul Yang Terlibat Dalam Metabolisme - Metabolisme merupakan suatu totalitas proses kimia yang berlangsung didalam sel. Proses tersebut hanya dapat berlangsung jika terdapat materi atau zat yang bereaksi dan didukung energi proses metabolisme tersebut. Di samping dua komponen tersebut, masih ada lagi molekul yang mutlak diperlukan agar metabolisme berlangsung. Molekul tersebut adalah ATP dan enzim. 

Adenosin Trifosfat Molekul Yang Terlibat Dalam Metabolisme

Adrenosin Trifosfat
ATP adalah molekul nukleotida berenergi tinggi yang tersusun atas gula pentosa, basa nitrogen adenin, dan mengikat tiga gugus fosfat yang disebut trifosfat. Kandungan energi tinggi ini terdapat pada ikatan antara gugus fosfat 1 dan 2 serta gugus fosfat 2 dan 3. Jika reaksi hirolis terhadap ikatan fosfat tersebut, akan dibebaskan banyak energi. 

Ikatan gugus fosfat 2 dan 3 bersifat labil, artinya mudah lepas. Jika gugus lepas akan dihasilkan senyawa dengan dua gugus fosfat, disebut ADP (Adenosin Dfosfat). Jika ikatan gugus fosfat  ke 1 dan ke 2 lepas, akan dihasilkan senyawa dengan mengikat satu gugus fosfat disebut AMP (Adenosin Monofosfat). 

Demikian Adenosin Trifosfat Molekul Yang Terlibat Dalam Metabolisme, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel