Teknologi Yang Berkaitan Dengan Metabolisme

Teknologi Yang Berkaitan Dengan Metabolisme - Pemahaman mengenai metabolisme anaerob (fermentasi) telah banyak dikembangkan ke dalam proses pembuatan bahan pangan yang berkualitas sebagai hasil produksi komoditi dari tingkat yang sederhana (konvensional) sampai cara - cara modern. 

Teknologi Yang Berkaitan Dengan Metabolisme

Beberapa produk fermentasi, antara lain dari bahan serealia roti dari bahan kedelai contohnya tempe, oncom, tauco dan  kecap. Produk fermentasi dari bahan susu, contohnya keju dan yoghurt. Produk fermentasi sayuran, contohnya sourkrout (acar kubis) dan pikel (acar timun). Minuman beralkohol seperti bir, sake, brem dan wine (anggur) juga merupakan produk fermentasi. 

Makanan fermentasi banyak yang digunakan sebagai menu makanan sehari - hari karena cara membuatnya mudah, praktis, murah dan aman. Banyak keuntungan yang bisa diambil dari produk makanan yang difermentasi. Baik dari sifat - sifat organoleptik (indrawi), peningkatan gizi, ataupun sanitasi. 

Keunggulan dari makanan fermentasi, antara lain memberikan penampakan dan cita rasa yang khas. Misalnya tempe, oncom dan tauco berbeda dari penampakan atau rasanya dengan bahan aslinya, kedelai. 

Keunggulan lain produk fermentasi adalah mempunyai aroma yang lebih menyenangkan dengan terbentuknya asam, alkohol, ester, dan senyawa pembentuk aroma lainya. Contohnya pada produk bir, yoghurt, keju, kecap, anggur, acar, tape, tauco dan brem. 

Selain itu, fermentasi juga menurunkan senyawa beracun seperti antitirosin pada kedelai, yang kadarnya menurun bila dijadikan tempe. Fermentasi turut mempertinggi nilai gizi, karena mikroba bersifat memecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana. Misalnya Rhizopus oligosporus dapat meningkatkan vitamin B12 pada tempe. Begitu pula dengan kandungan niasin dan riboflavin. 

Dalam kehidupan sehari - hari, kita sering mendengar hal - hal yang berkaitan dengan pewarisan sifat. Ketika seorang bayi lahir, sering terdengar kata -kata misalnya, rambut ikal seperti ayahnya, hidungnya mancung persis seperti hidung ibunya, atau kemiripan lainya. 

Individu - individu anak sering memperlihatkan sejumlah persamaan - persamaan dengan individu - individu induknya, tetapi juga menunjukan adanya perbedaan -perbedaan diantara individu - individu anak ataupun dengan individu induknya. 

Tidak ada dua individu pun yang benar - benar sama secara mutlak, kecuali mungkin kembar identik yang berasal dari satu sel induk. Lalu, apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa ada kemiripan diantara anak dan orang tuanya? Mengapa pula ada perbedaan antara sesama anak - anaknya? 

Pertanyaan - pertanyaan atau keingintahuan  ini dapat dipelajari dengan memahami apa yang disebut pewarisan sifat atau hereditas. Untuk dapat memahami bagaimana mekanisme pewarisan sifat itu dapat berlangsung, kita harus mengetahui dan mempelajari materi genetika yang akan mewariskan sifat - sifat tersebut yaitu DNA, gen dan kromosom. 

Demikian Teknologi Yang Berkaitan Dengan Metabolisme semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel