Kormus : Definisi Tumbuhan Kormus Dan Tiga Bagian Pokok ~ Metamorfosis

Kormus : Definisi Tumbuhan Kormus Dan Tiga Bagian Pokok  ~ Metamorfosis - Pada artikel lalu telah membahas tentang pengertian akar yang memiliki berbagai sifat juga jenis serta fungsi pada tumbuhan. Untuk kali ini perlu diketahui juga pengertian atau definisi tentang "kormus" yang juga termasuk tumbuhan. Berikut ini untuk pengertian kormus.

Kormus diartikan sebuah atau segala sesuatu yang terdapat di bumi yang memiliki perbedaan pada bagian fungsionalnya atau disebut dengan vegetasi. Tumbuhan yang ada di bumi ini juga dapat dibedakan dari yang terdapat bagian- bagian fungsional seperti akar, batang serta daun. 

Definisi tumbuhan kormus Dan  tiga Bagian pokok  ~ metamorfosis
Selain itu, kormus juga dapat diartikan tubuh tumbuhan yang terdapat pada  pteridophyta atau disebut dengan tumbuhan paku. Sedangkan Pada tumbuhan biji juga sama halnya, atau para ilmuwan disebut dengan spermatophyta (tumbuhan biji) yang mungkin tumbuhan tersebut banyak bertumbuh diseantero bumi.
Bagi para ahli ilmu tumbuhan yang tumbuh di permukaan bumi seperti yang telah dibahas tersebut, mereka menjadikan dari dua tumbuhan tersebut menjadi dua golongan atau yang disebut dengan Cormophyta (tumbuhan kormus). Tumbuhan kormus dapat dibagi menjadi tiga bagian yang pokok, antara lain :

Tiga bagian tumbuhan kormus :

  • akar
  • batang dan 
  • daun 
Tumbuhan yang bertumbuh memiliki bagian yang merupakan sebagai suatu penjelmaan dari salah satu atau mungkin dari dua bagian pokok yang telah disebutkan, yang diartikan pada setiap bagian lain yang terdapat pada tubuh tumbuhan juga dapat dianggap sebagai tubuh yang berasal dari bagian pokok dan telah mengalami metamorfosis seperti : berganti bentuk, sifat dan fungsi bagi tumbuhan.

Bagian - bagian pokok yang terdapat pada tumbuhan dan dianggap metamorfosis atau kombinasi misalnya :

- Kuncup atau disebut dengan "gemma" yang dianggap sebagai penjelmaan batang serta daun
- Bunga atau disebut dengan "flos" penjelmaan batang dan daun
- Duri atau disebut dengan "spina" yang merupakan penjelmaan dari dahan maupun daun
- Alat Pembelit disebut dengan "cirrchus" berasal dari daun atau dari dahan atau   cabang
- Umbi disebut dengan " tuber" merupakan penjelmaan dari batang
- Rimpang disebut dengan "rhizoma" merupakan penjelmaan dari batang juga daun
- Umbi lapis disebut dengan "bulbus" juga merupakan penjelmaan dari batang dan daun 

Selain itu, pada tumbuhan lain juga masih terdapat alat lain yang lebih halus atau kecil atau yang biasa disebut dengan alat perlengkapan atau "organa accessoria" seperti : rambut atau bulu/ pilus, sisik/ lepis, lentisel / lenticulus yang merupakan bagian tumbuhan yang langsung atau tidak berguna untuk menegakan tumbuhan.

Alat hara sangat erat kaitanya dengan soal makanan misalnya akar, daun yang berfungsi untuk menyerap makanan serta mengolah makanan seperti umbi untuk menyimpan makanan, gelembung pada tumbuhan tertentu untuk menangkap serangga, dan alat tersebut pada umumnya disebut dengan alat vegetatif atau alat pertumbuhan.

Alat perkembangbiakan pada tumbuhan ini berfungsi untuk menghasilkan keturunan baru atau disebut dengan organum reproductivum, misalnya buah, bunga dan lain - lain.

Demikian untuk pengertian kormus serta bagian- bagian tumbuhan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel