Pengertian dan Contoh Tumbuhan Monokotil dan Fungsinya Bagi Makhluk Lain

Pengertian dan Contoh Tumbuhan Monokotil dan Fungsinya Bagi Makhluk Lain - Monokotil - merupakan tumbuhan atau juga makhluk yang hidup disekitar dengan manusia di permukaan bumi. Meski demikian, tumbuhan tak seperti manusia ataupun hewan yang pertumbuhanya dapat diamati seperti makhluk lainya atau disebut dengan kasat mata.

Tumbuhan hidup dan tumbuh apalagi berinteraksi melalui cara-cara yang rumit untuk dapat dijelaskan kepada publik. Sebagai sebuah subjek dalam bidang penelitian telah sejak lama makhluk hidup yang disebut tumbuhan telah dikaji dan diteliti dengan tujuan utama untuk memaksimalkan manfaatnya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya di permukaan bumi. 

Berdasarkan kesepakatan para ilmuwan yang ahli dalam hal ini, tumbuhan yang terdapat di dunia ini dibagi ke dalam dua kelompok besar yakni Monokotil dan juga Dikotil. Apabila subjek mengetahui tentang ilmu eksakta tentunya dari kedua istilah tersebut tidak asing dari pemahaman. Berikut pemberian informasi yang membahas tentang pengertian serta tumbuhan monokotil.

Apa arti tumbuhan Monokotil? 

Definisi Monokotil diartikan sebagai tumbuhan yang bagian bijinya tunggal atau mono atau yang memiliki arti tidak berkeping. Ciri khas dari atau karakter yang paling menonjol dari tanaman berkeping tunggal ini antara lain : daun lembaga, akarnya berbentuk serabut, daun berselang seling, tulang daun sejajar dan cenderung berbentuk seperti pita dan masih banyak lagi lainnya. 

Sedangkan dalam sistem taksonomi, tumbuhan monokotil identik dengan beberapa nama kelompok besar seperti Liliopsoda, liliidae dan juga Monocotyledodeae. Pengelompokannya secara lengkap bisa dilihat sebagai berikut :


Pengelompokan nama tumbuhan monokotil
1
Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
2
Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
3
Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
4
Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).
5
Klad monocots dalam sistem APG dan sistem APG II.

Pada dasarnya kita dapat menjumpai berbagai contoh tumbuhan monokotil di lingkungan sekitar kita. Biasanya tumbuhan dalam golongan monokotil juga dikenal sebagai tumbuhan monokotil yang bermanfaat bagi manusia. 

Salah satu contoh tumbuhan monokotil adalah tumbuhan padi. Di negara Indonesia sendiri, tanaman padi merupakan makanan pokok yang begitu penting dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat. 

Selain padi-padian atau Graminae, contoh tumbuhan monokotil lainnya adalah tumbuhan atau tanaman jagung, pinang-pinangan (Palmae), kelapa, pisang-pisangan (Musaceae), anggrek, bawang-bawangan (alliaceae) vanili, jahe, kunyit, dan masih banyak lagi.

Tumbuhan monokotil juga telah dikategorikan sebagai kelompok tumbuhan yang memiliki fungsi karena hampir semuanya memiliki peranan baik itu sebagai sumber pangan, sumber bahan baku dalam berbagai industri, dekorasi, sumber energi nabati, zat pewarna, pakaian, perumahan dan masih banyak lagi.


Contoh tumbuhan monokotil

1
Sawit (Elais Guinensis)
18
Kemenyan (Styra sp)
2
Ketimunan (Timonius sericcus)
19
Enau (Arenga pinnata)
3
Pisang (Musa paradisiaca)
20
Strwaberry (Fragaria daltoniana)
4
Kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis)
21
Kurma (Phoenix dactylifera)
5
Vanili (Vannili planifolia)
22
Salak (Salacca zalacca)
6
Bawang merah (Allium ascolonicum)
23
Buah Naga (Hylocereus undatus)
7
Srikaya (Annona squamosa)
24
Melon (Cucumis melo)
8
Kelapa (Cocos nucifera)
25
Ceremai (Phyllanthus acidus)
9
Malaka (Phylantus emblica)
26
Kiwi (Actinidia deliciosa)
10
Bunga Matahari (Helianthus annus)
27
Persik (Prunus persica)
11
Ketimunan (Timonius sericcus)
28
Siwalan (Borassus sp)
12
Salak (Salacca edulis)
29
Kedondong (Spondias dulcis)
13
Enau (Arenga pinnata)
30
Anggur (Vitis vinivera)
14
Salak (Salacca edulis)
31
Bacang (Magnifera foetida)
15
Mengkudu (Morinda citrifolia
32
Nanas (Ananas comocus)
16
Sawo (Manilkara kauki)
33
Blueberry (Vaccinium corymbosum)
17
Hangkang (Palaquium leiocarpum)

Demikian Pengertian dan Contoh Tumbuhan Monokotil dan Fungsinya Bagi Makhluk Lain semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel