Bentuk - Bentuk Imunitas Dan Macam Bentuk Imunitas

Bentuk - Bentuk Imunitas Dan Macam Bentuk Imunitas - Bentuk- Bentuk Imunitas, secara umum, tubuh manusia memiliki tiga macam bentuk imunitas yaitu imunitas bawaan, imunitas yang diproleh dan Imunitas Pasif.

Imunitas Bawaan (Innate Immunity)
Imunitas bawaan merupakan sistem kekebalan tubuh yang diperoleh sejak lahir karena faktor keturunan atau genetik. Timbulnya imunitas bukan karena rangsangan sesuatu benda asing dari luar.

Imunitas Yang Diperoleh (Acquired Immunity)
Imunitas yang diperoleh merupakan suatu kekebalan yang diperoleh setelah tubuh dirangsang oleh suatu benda asing atau antigen, sehingga tubuh akan membentuk sistem kekebalan atau imun.

Kekebalan ini tidak diperoleh sejak lahir dan timbul karena rangsangan benda asing dari lingkungan. Cara kerjanya efektif dalam menangani berbagai macam antigen yang masuk dalam tubuh. Sistem kekebalan ini bisa diperoleh melalui berbagai cara diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sistem kekebalan tubuh ini bisa diperoleh secara alamiah. Artinya, timbulnya kekebalan secara tidak sengaja ketika tubuh terkena benda asing yang berasal dari lingkungan. Sistem kekebalan ini timbul dan berkembang setelah seseorang lahir.
  • Sistem Kekebalan tubuh juga bisa diperoleh dengan cara memasukan benda asing atau antigen ke dalam tubuh sehingga tubuh terangsang untuk membentuk sistem kekebalan.
Jika tubuh dimasuki antigen maka tubuh akan membentuk antibodi sebagai respon terhadap kehadiran antigen tersebut. Pada anak- anak, sistem kekebalan ini bisa diperoleh melalui imunisasi atau vaksinasi.
Bentuk - Bentuk Imunitas Dan Macam Bentuk Imunitas
Imunisasi Pasif
Sistem kekebalan ini timbul dengan cara transfer antibodi dari individu yang satu ke individu yang lain. Sistem kekebalan pasif secara umum dapat dibedakan menjadi pasif alami dan pasif buatan.

Sistem kekebalan pasif alami timbul misalnya pada anak yang mendapat kekebalan dari ibu melalui air susu atau melalui tali plasenta. Sebaliknya, sistem kekebalan pasif buatan timbul jika dilakukan induksi melalui penyuntikan antibodi kepala seseorang yang terserang patogen.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel