Dua Faktor Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Dua Faktor Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan - Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan merupakan hasil interaksi kompleks dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan sendiri yang berpengaruh terhadap pertumbuhan. Faktor itu dibedakan menjadi dua, yaitu faktor intraseluler dan interseluler. Yang termasuk faktor intraseluler adalah sifat menurun atau hereditas sedangkan yang termasuk faktor interseluler adalah hormon.
Faktor luar atau eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, antara lain, tanah, mineral, kelembaban udara, suhu udara, cahaya dan lain - lain. 

Ukuran dan bentuk tubuh tumbuhan banyak dipengaruhi oleh sifat menurun atau sifat hereditas. Sifat menurun tersebut disebut gen, terdapat di dalam setiap kromosom yang ada di dalam sel.

Faktor Internal
Setiap tumbuhan mempunyai struktur dan morfologi tertentu. Hal ini dipengaruhi oleh faktor intrasel yang terkandung di dalam gen sebagai pembawa sifat atau lebih dikenal sebagai faktor hereditas. Selain faktor intrasel, terdapat juga faktor intersel berupa zat tumbuh atau dikenal dengan hormon tumbuh yang terdapat dalam tubuh tumbuh - tumbuhan. Hormon tumbuhan inilah yang akan mengatur arah dan kecepatan pertumbuhan, termasuk kapan tumbuhan berbunga, kapan buah akan masak, dan kapan daun akan gugur.

Hormon tumbuh merupakan senyawa kimia yang sangat aktif. Hormon yang mempengaruhi tumbuhan ini sering disebut juga zat tumbuh. Hormon tumbuh pada tumbuhan pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani asal Belanda yang bernama Went pada tahun 1926. Hormon tumbuh pada tumbuhan banyak jenisnya, yang penting antara lain : Auksin, Giberelin, Sitokinin, Gas Etilen dan Asam Absisat

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel