Contoh Soal Hereditas dan Manusia

Contoh Soal Hereditas dan Manusia

  1. Bagaimanakah para ahli dapat menyelidiki hereditas manusia? Berilah salah satu contoh. 
  2. Sebutkan sebab - sebab yang memungkinkan adanya suatu ciri yang sekonyong - konyong muncul pada keturunan, sedangkan pada kedua orang tua ciri tu tak nampak. Berilah contoh dan perumusanya. 
  3. Bagaimanakah kemungkinan penurunan sifat butawarna dari seorang ayah sehat dengan seorang ibu pembawa sifat butawarna? Juga kemungkinan bila ayah butawarna sedang ibu sehat? Jelaskan dengan diagram. 
  4. a. Sifat hemofilia seorang kakek muncul kembali pada cucu laki - lakinya, tapi tidak pada anak - anaknya baik laki - laki maupun perempuan. Bagaimana keteranganya? b. Seorang ibu dapat mewariskan hemofilia kepada anak laki - lakinya, tetapi ia sendiri tidak menderita penyakit itu. Jelaskan apa sebabnya. 
  5. Asam fenilpiruvat dalam urine merupakan petunjuk adanya sifat kemunduran mental yang muncul dalam keadaan resesif homozigot. Individu, demikian dapat lahir dari ibu - ibu normal, Coba jelaskan bahwa hal ini mungkin. 
  6. Pengetahuan tentang bagaimana golongan darah diwariskan kepada keturunan telah digunakan untuk memecahkan masalah dalam rangka sengketa perubahan anak. Golongan darah ketiga individu yang tersangkut dalam perkara ini biasanya diperiksa untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh hakim dalam memutuskan perkaranya. Jika kamu seorang hakim, bagaimana pendapatmu dalam menanggapi kasus - kasus berikut? Lihat gambar di bawah.
  7. Petani sering mendapatkan bahwa dari pembibitan tanaman yang tadinya berkualitas tinggi, pada penanaman selanjutnya  kualitas menjadi berubah, dan kuantitas juga menurun. Bagaimana hal mungkin dijelaskan dari segi genetika.
  8. Sebutkan beberapa aplikasi mutasi buatan dalam pertanian. Mengapa tindakan pembibitan dari mutasi buatan harus di ulang - ulang?
  9. Berilah beberapa alasan mengapa perkawinan antar keluarga kadang - kadang berbahaya? Berilah penjelasan dengan diagram perumusan.
  10. Sebutkan usaha - usaha yang dapat diterima oleh bangsa kita untuk perbaikan keturunan/generasi bangsa kita. 

Contoh Soal Hereditas dan Manusia

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel