Fungsi Saluran Pencernaan Pankreas Dan Enzim Getah Pankreas

Fungsi Saluran Pencernaan Pankreas Dan Enzim Getah Pankreas - Pankreas juga merupakan organ tambahan pada sistem pencernaan. Pankreas memiliki panjang kurang 12cm dan tebal 2,5 cm. Pankreas terbagi atas tiga bagian, yaitu bagian kepala yang melekat pada duodenum, bagian badan yang merupakan bagian tengah pankreas dan bagian ekor yang merupakan bagian yang memanjang ke arah ujung kiri atas. 

Seperti yang tampak pada gambar, pankreas terletak dibawah lambung dan mempunyai dua saluran, yaitu saluran (ductus) wirsungi dan saluran (ductus) sastorini. Saluran tersebut berfungsi mengalirkan getah yang disekresikan pankreas ke duodenum.
Pankreas merupakan kelenjar eksokrin dan endokrin. Di dalam getah pankreas terdapat enzim - enzim pencernaan, yaitu tripsinogen, kimotripsin, lipase pankreas, amilopepsin dan ribonuklease.

Tripsinogen berupa proenzim suatu protease yang belum aktif. Tripsinogen akan diaktifkan oleh enterokinase yang dihasilkan oleh halus menjadi tripsin. Tripsin berfungsi memecah protein menjadi pepton.

Kimotripsinogen merupakan proenzim yang akan diaktifkan oleh tripsin menjadi krimotripsin yang berfungsi mengubah protein dan proteosa menjadi pepton, peptida dan asam amino.

Lipase Pankreas (steapsen) merupakan enzim yang memecah emulsi lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Amilopepsin (amilase Pankreas) merupakan enzim yang memecah amilum dan dekstrin menjadi maltosa dan glukosa.

Ribonuklease dan deoksiribonuklease, merupakan enzim yang mencerna DNA/ RNA menjadi neukleotida.

 Fungsi Saluran Pencernaan Pankreas Dan Enzim Getah Pankreas

Selain itu, pankreas menghasilkan senyawa NaHCO₃ (natrium bikarbonat) yang bersifat basa. Senyawa tersebut menyebabkan enzim yang dihasilkan pankreas akan bekerja aktif dalam suasana basa. Sebagai kelenjar endokrin, pankreas menghasilkan beberapa jenis hormon, yaitu sekretin, kolesistokinin dan insulin.
  • Sekretin merupakan hormon yang berfungsi merangsang sel-sel pankreas untuk menyekresikan getah pankreas, NaHCO₃ dan juga mengurangi sekresi getah lambung.
  • Kolesistokinin merupakan hormon yang berfungsi merangsang sel pankreas untuk menyekresikan getah pankreas yang kaya enzim dan menyebabkan kontraksi pada kandung empedu.
  • Insulin merupakan hormon yang sangat penting dalam menyintesis glikogen dari glukosa. Kekurangan produksi hormon insulin akan menyebabkan penyakit diabetes melitus (DM). 
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel