Saluran Pencernaan Usus Halus Beserta Bagian - Bagianya Dan Enzim Getah Usus Halus

Saluran Pencernaan Usus Halus Beserta Bagian - Bagianya Dan Enzim Getah Usus Halus - Usus Halus (intetinum teneu) Merupakan saluran pencernaan terpanjang yang panjangnya lebih kurang 7 meter dengan diameter 2,5 cm. Fungsi usus halus adalah mencerna makanan dan mengabsorbsi sari makanan.

Dinding usus halus mempunyai struktur berupa lipatan yang disebut disebut jonjot usus (vili). Jonjot usus berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan sari makanan di dalam usus halus.
Pada usus halus terdapat pembuluh darah yang menyerap sari makanan yang berasal dari karbohidrat dan protein, sedangkan asam lemak dari hasil pemecahan lemak diabsorpsi oleh pembuluh kil (chyl) yang selanjutnya diangkut melalui limfa ke vena.

Penyerapan sari makanan terutama terjadi diusus halus 90% dan sisanya terjadi di dalam lambung dan usus besar. Sari makanan diserap dalam bentuk molekul sederhana, yaitu monosakarida (glukosa, fruktosa dan galaktosa), asam lemak, gliserol dan asam amino.


Vitamin mineral, dan air diabsorbasi langsung dalam bentuk asalnya, tidak mengalami proses pencernaan. Penyerapan sari makanan ke dalam dinding usus melalui berbagai cara, yaitu secara difusi, osmosis, difusi difasilitas, endositosis dan tranpsor aktif. Usus halus terdiri atas tiga bagian berikut ini antara lain:

Duodenum (Usus dua belas jari) panjangnya 25 cm.
Jejenum (Usus kosong) panjangnya 2,5 cm.
Ileum (Usus penyerapan) panjangnya 4 m.

Setiap hari, usus halus menyekresikan lebih kurang 2000 cc getah usus dari sel usus (kelenjar Lieberkuhn) menuju lumen usus . Getah usus mengandung enzim berikut ini :
  • Peptidase merupakan kelompok enzim yang memecah polipeptida menjadi asam amino.
  • Maltase, laktase dan sukrase merupakan enzim yang memecah disakarida (maltosa, laktosa dan sukrosa) menjadi monosakarida. Enzim tersebut disebut juga disakae.
  • Erepsinogen merupakan proenzim yang diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin yang mengubah pepton menjadi asam amino.
  • Enterokinase merupakan enzim yang mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin dan erepsinogen menjadi erepsin.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel