Saluran Pencernaan Fungsi Dan Kinerjanya

Saluran Pencernaan Fungsi Dan Kinerjanya - Lidah, di dalam rongga mulut manusia juga terdapat lidah. Lidah tidak hanya berfungsi sebagai alat pengecap. Akan tetapi, di dalam pencernaan makanan, lidah juga memiliki fungsi seperti berikut ini:

1). Mencampurkan makanan
2). Mendorong makanan dalam proses menelan
3). Membersihkan mulut dari sisa makanan

Lidah membentuk lantai pada rongga mulut. Di bagian belakang, otot - otot lidah melekat pada tulang "hyoid" (tulang pangkal lidah yang membentuk seperti huruf V). 

Permukaan lidah penuh dengan tonjolan (papilla) yang mengandung puting pengecap sehingga lidah dapat merasakan makanan seperti asam, manis, pahit dan asin. Posisi lidah di dalam rongga mulut dapat dilihat seperti tampak pada gambar. 

Saluran Pencernaan Fungsi Dan Kinerjanya
Kelenjar Ludah

Pada rongga mulut terdapat tiga macam kelenjar ludah atau kelenjar saliva yang menghasilkan cairan ludah. Kelenjar tersebut adalah kelenjar parotis yang terletak di depan telinga; sublingualis yang terletak di bawah lidah; dan kelenjar "submandibularis" yang terletak di rahang bawah (mandibula). Seperti yang tampak pada gambar.

Saluran Pencernaan Fungsi Dan Kinerjanya

Di dalam cairan ludah mengandung air sebanyak 90% dan sisanya terdiri atas "garam- garam bikarbonat, lendir (mukus), lizozim (enzim penghancur bakteri), dan amilase (ptialin).

Ketiga kelenjar ludah setiap harinya dapat menghasilkan lebih kurang 1.600 cc air ludah. Pengeluaran air ludah akan bertambah jika ada rangsangan dari luar yang berupa aroma makanan, melihat atau membayangkan makanan yang lezat dan rasa lapar. Cairan ludah memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini :

1). Memudahkan dalam menelan makanan karena makanan tercampur dengan lendir dan air.
2). Melindungi rongga mulut dari kekeringan, panas, asam dan basa.
3). Membantu pencernaan kimiawi karena kelenjar ludah menghasilkan enzim ptialin (amilase) yang berperan dalam pencernaan amilum menjadi maltosa dan glukosa, enzim ini berfungsi dengan baik pada pH netral (pH 7).

Proses Menelan Makanan

Agar makanan masuk ke dalam saluran pencernaan makanan maka makanan harus ditelan. Menelan adalah proses menggerakkan makanan dari rongga mulut menuju lambung yang berlangsung dalam waktu 4 -7 detik. Proses menelan terbagi atas gerakan sadar dan gerakan tidak sadar.
  • Gerakan sadar, yaitu gerakan lidah yang menekan makanan ke atas dan mendorong makanan ke belakang kemudian masuk ke dalam kerongkongan.
  • Gerakan tidak sadar, yaitu gerakan daerah faring, berupa refleks yang menggerakkan laring ke atas sehingga epiglotis menutup glotis. Dengan demikian, makanan tidak masuk kerongga hidung dan saluran pernapasan. Gerakan di daerah kerongkongan berupa "gerak peristaltik" yang mendorong makanan ke arah bawah, masuk ke dalam lambung.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel