Bioma (Habitat) Tundra

Bioma (Habitat) Tundra - Tundra hanya terdapat di belahan bumi sebelah utara dan terletak di dalam lingkaran kutub utara. Iklimnya juga iklim kutub dengan musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang serta terang terus - menerus. Mengapa daerah ini dapat mengalami gelap berbulan - bulan atau terang selama berbulan - bulan? 

Di daerah Tundra tidak ada pohon yang tinggi, kalaupun ada pohon, maka pohon itu terlihat cebol seperti semak. Di daerah Tundra ini banyak terdapat lumut, terutama Sphagnum dan Lichenes.  Tumbuhan semusim yang terdapat di daerah tundra biasanya berbunga dengan warna yang menyolok dalam masa pertumbuhan yang sangat pendek, sehingga pada musim itu pemandangan sangat indah. 

Tumbuhan yang hidup di tundra, ada yang hidup menetap di sana tetapi ada pula yang hanya datang di daerah itu pada musim panas untuk bertelur. Hewan yang hidup menetap di daerah ini, baik bangsa burung maupun mamalia, mempunyai bulu atau rambut yang tebal, yang melindunginya terhadap suhu yang rendah. 

Untuk perlindungan terhadap suhu ini, hewan - hewan itu mengalami  perubahan warna menjadi putih dalam musim dingin. Warna putih ini merupakan warna pelindung di atas salju dan juga mengurangi kehilangan panas oleh radiasi. Herbivora yang besar - besar, seperti Muskox dan Reinder mendapat cukup makanan, adalah lumut dan lichenes. 

Bioma (Habitat) Tundra

Mamalia lain yang hidup di tundra adalah beruang kutub, kelinci kutub dan lemming. Serangga sangat banyak, terutama lalat yang telurnya tahan dingin. Telur - telur itu kemudian menetas pada musim panas yang baik. 

Jumlah spesies makhluk hidup yang menetap di daerah tundra sangat sedikit bahkan lebih sedikit dari pada jumlah spesies yang hidup di gurun. 

Lebih ke utara lagi dari daerah tundra, terdapat es dan di daerah ini yang dapat hidup hanyalah hewan - hewan seperti walrus, seal dan pinguin.

Urutan bioma dari equator ke kutubm sama dengan urutan bioma dari daratan rendah equator ke arah meninggi. Ke arah meninggi, suhu dan curah hujan menentukan komunitas. 

Urutan bioma dari suatu gunung tinggi yang terdapat di daerah tropika adalah hutan gugur, hutan konifer, daerah tundra dan es. Adakah di Indonesia gunung yang dapat memperlihatkan susunan bioma seperti itu? Bagaimanakah maka kamu duga demikian? 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel