Kelas Asteroidea Filum Echinodermata

Kelas Asteroidea Filum Echinodermata - Biasanya Asteroidea mempunyai lengan sebanyak lima atau kelipatan lima. Pada kedudukan yang wajar, mulutnya terdapat pada bagian bawah, sedangkan anusnya pada bagian atas. Untuk tidak mengacaukan pengertian, permukaan yang ditempati anus disebut permukaan aboral. 

Kelas Asteroidea Filum Echinodermata

Kaki - kaki ambulakral banyak terdapat sepanjang lengan. Saluran pencernaan mempunyai cabang - cabang yang menuju ke masing - masing lengan. 

Di samping duri - duri yang tumpul, terdapat duri - duri yang berbentuk catut, yang masing - masing disebut pedikelaria. Pedikelaria ini menjaga agar permukaan tubuh hewan bebas dari benda - benda asing dan lagi pula untuk melindungi papula. 

Cara Asteroidea makan menarik perhatian, lebih - lebih jika makanannya terlalu besar untuk dapat dimasukan ke dalam perutnya. Jika Asteroidea memakan seekor kerang, misalnya, akan ditempuh cara berikut. Dengan bantuan kaki - kaki ambulakaral kerang diletakan pada bagian bawah mulutnya. 

Secara terus - menerus hewan ini berusaha membuka cangkang kerang. Untuk itu lambung dikeluarkan dengan terbalik, seperti kalau kita membalik kaus kaki, yakni bagian permukaan dalam menjadi permukaan luar, dan ditekankan di antara kedua cangkang lunak. 

Dengan jalan itu, Asteroidea makan kerang habis - habis, cangkangnya yang sudah kosong ditinggalkan, bukan saja menghabiskan santapanya, tetapi juga mencuci piringnya. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel