Bioma (habitat) Hutan Gugur (deciduous forest)

Bioma (habitat)Hutan Gugur (deciduous forest) - Di daerah yang beriklim sedang, kecuali terdapat banyak padang rumput dan kadang - kadang ada gurun, yang paling khas adalah hutan gugur. Keadaan iklim daerah ini ditandai dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun, adalah 75 sampai 100 cm per tahun dan adanya musim dingin serta panas. 

Dengan adanya musim dingin dan musim panas ini, tumbuhan di daerah itu mengadakan penyesuaian, yaitu dengan menggugurkan daunya menjelang musim dingin. Karena itu musim yang mendahului musim dingin disebut musim gugur. 

Sejak musim gugur sampai musim semi, tumbuhan yang menahun terhenti pertumbuhanya. Tumbuhan semusim, mati pada musim dingin; tinggal hanya bijinya. Yang tahan dingin untuk berkecambah lagi menjelang musim panas. 


Perbedaan keadaan hutan gugur dari hutan basah adalah dalam kepadatan pohonya. Di hutan gugur pohon - pohonya tidak terlalu rapat dan jumlah spesiesnya sedikit, adalah 10 sampai 20. Pohon - pohon yang umum adalah maple (Acer campestre), syscamoe (Acer pseudoplanatus), Oak (Quercus), beech (Fagus), elm (Ulmus dan ash )Fraximus). 

Hewan yang umum terdapat di daerah ini adalah : rusa, beruang, raccoon, rubah, bajing, dan burung pelatuk.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel