Bioma (Habitat) Padang Rumput Basah Dan Kering

Bioma (Habitat) Padang Rumput - Padang rumput terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika. Curah hujan pada umumnya antara 25 cm - 50 cm pertahun. Kadang - kadang pada beberapa padang rumput, curah hujan itu dapat mencapai 100 cm, akan tetapi hujan tidak turun dengan teratur. 

Hujan yang tidak teratur, porosita dan drainage menyebabkan tumbuhan sukar mengambil air. Tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri terhadap keadaan lingkungan seperti ini adalah rumput. Daerah padang rumput yang relatif basah, seperti terdapat di Amerika Utara, rumputnya tinggi - tinggi, dapat mencapai tiga meter; misalnya rumput - rumput bluestem dan Indian grasses. Daerah padang rumput yang kering mempunyai rumput yang pendek, misalnya rumput grama dan buffalo grasses.

Bioma (Habitat) Padang Rumput

Di daerah padang rumput terdapat lebih banyak spesies - spesies hewan kalau dibandingkan dengan habitat darat lainya. Hewan pemakan rumput yang besar - besar seperti misalnya Bison di Amerika, Zebra di Afrika dan Kanguru di Asutralia merupakan konsumen primer di padang rumput. 

Rodentia pun banyak terdapat di padang rumput sebagai konsumen primer. Predator yang terdapat di padang rumput seperti singa dan anjing liar memangsa herbivora besar, sedangkan ular makan rumput banyak pula terdapat insekta yang herbivor, misalnya belalang. Burung juga banyak terdapat di padang rumput. 

semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel