Dua Cara Pengawetan Tanah

Dua Cara Pengawetan Tanah - Dua hal yang perlu diperhatikan dalam pengawetan tanah, adalah mengembalikan kesuburan tanah dan menghindarkan erosi. 

Mengembalikan Kesuburan Tanah
Suatu tumbuhan dapat tumbuh subur dan menghasilkan panen yang baik, kalau cukup mendapat air dan mineral dari dalam tanah. Bagian tanah yang terutama memberi makanan pada tumbuhan itu adalah lapisan atas. 

Humus adalah tanah, di samping menahan air juga mengembalikan mineral ke dalam tanah sebagai akibat demineralisasi dari sisa tumbuhan dan hewan mati. Karena kebanyakan tumbuhan hanya mengambil unsur yang penting baginya, maka perlu adanya rotasi dari tanaman. 

Jadi suatu bidang tanah tertentu harus ditanami dengan urutan tanaman yang berlainan. Penanaman suatu daerah dengan satu macam tanaman terus menerus akan mengakibatkan kesuburan tanah berkurang. 

Dua Cara Pengawetan Tanah

Untuk keseimbangan dari makanan yang diperlukan tanaman di tambahkanlah pupuk. Jadi penambahan pupuk juga harus diteliti dahulu, tidak dapat sembarang pupuk kita gunakan. Cobalah cari pada jawatan pertanian, pupuk apa yang diperlukan untuk tanah didaerahmu, pupuk apa pula yang diperlukan untuk tanaman tertentu. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel