Penghindaran dan Pemadaman Kebakaran Hutan

Penghindaran dan Pemadaman Kebakaran Hutan - Untuk menghindarkan kebakaran hutan oleh manusia, yang diperlukan adalah kesadaran dari manusia itu untuk berhati - hati menggunakan api di hutan. Misalnya pada pembuatan arang kayu, kemungkinan kebakaran hutan itu sangat besar. Demikian pula janganlah membuang puntung rokok atau meninggalkan bekas api unggun yang masih membara di hutan. 

Untuk dapat mengatasi kebakaran hutan, maka diperlukan :
  1. Menara pengamat yang tinggi, sehingga dari menara itu dapat dilihat daerah yang berkilometer jauhnya. Kemudian di menara ada pula alat telekomunikasi untuk berhubungan dengan pusat pengamatan.
  2. Di hutan itu perlu ada jalan yang dapat ditempuh mobil sehingga kalau terjadi kebakaran dapat segera di dekati. 
  3. Hutan perlu dipatroli dengan teliti, sehingga kalau terjadi permulaan kebakaran, dapat segera diatasi. 
Penghindaran dan Pemadaman Kebakaran Hutan

Ada dua cara memadamkan kebakaran hutan, adalah secara langsung dan tidak langsung. Pemadaman kebakaran hutan secara langsung, dapat dilakukan pada api yang masih kecil, adalah dengan cara memukul - mukul api, atau dengan menggali saluran sekitar api, sehingga api tidak dapat menyeberangi saluran itu. 

Pemadaman secara tidak langsung dilakukan dengan cara membakar bagian lain dari hutan itu, sehingga api yang sengaja dibuat itu bergerak kearah kebakaran yang telah besar dengan demikian kebakaran itu dapat dilokalisasikan, sehingga kebakaran yang lebih besar dapat dihindarkan. 

Pemadaman kebakaran hutan secara tidak langsung ini biasanya dimulai dari daerah yang menghambat jalanya api; seperti sungai, danau, jalan dan puncak bukit.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel