Manfaat Pengawetan Hutan

Manfaat Pengawetan Hutan - Hutan, di samping mempunyai nilai ekonomi karena hasil hutanya (misalnya: kayu dan rotan) juga mempunyai fungsi menahan air, malahan dapat pula menyebabkan  turun hujan di daerah itu. 

Daerah - daerah di pulau Jawa  telah merasakan akibat dari kurangnya hujan, adalah dengan kekurangan air pada musim kemarau yang hebat dan banjir kalau turun hujan lebat. Kekurangan air dapat mengakibatkan berkurangnya aliran listrik. 

Berkurangnya aliran listrik dapat mengganggu industri dan kesenangan kita. Hal itu dapat merembet pada hal - hal lain sehingga keadaan perekonomian terganggu. 

Penebangan kayu di hutan dapat dilakukan tetapi harus dengan teratur dan berencana. Penebangan kayu dihutan dengan tidak semena - mena dapat mengubah komunitas hutan itu. Pohon - pohon yang masih muda dapat mati, bukan karena digunakan tetapi mati karena tertimpa pohon besar waktu penebangan. 

Manfaat Pengawetan Hutan

Bahkan dapat terjadi bahwa biji dari pohon yang ditebang itu tidak dapat berkecambah, karena lingkunganya berubah. Dengan demikian spesies dari pohon itu akan musnah, karena keturunanya tidak dapat tumbuh. Apalagi kalau cara membuka hutan itu dengan cara membakarnya.
Kalau suatu hutan telah terbakar, maka diperlukan waktu lama untuk mengembalikanya jadi hutan kembali. Ingatlah pada pulau Panaitan, yang baru setelah puluhan tahun dapat menjadi hutan kembali. 

Karena hutan itu juga memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, maka lebih baik memelihara hutan yang sudah ada dari pada melakukan reboisasi. 

Di samping manusia, api serta hama dan penyakit juga dapat merusak hutan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel