Manfaat Perlindungan Margasatwa

Manfaat Perlindungan Margasatwa - Kalau ada saling ketergantungan antara komunitas dengan lingkunganya, maka margasatwapun yang merupakan salah satu faktor dari komunitas perlu pula mendapat perlindungan.
Bagaimanakah cara melindungi hewan - hewan itu supaya tidak musnah? Tidak mungkin kita menjadikan seluruh tanah air kita ini menjadi suatu daerah perlindungan margasatwa. Untuk itu maka diadakan undang - undang perburuan. 

Di samping itu, diantara para pemburu sendiri berlaku hukum - hukum yang tidak tertulis, misalnya tidak akan membunuh hewan yang sedang bunting atau anak - anak hewan. Apalagi, pada masa sekarang ini, berburu itu lebih merupakan olah raga dari pada menjadi suatu usaha pencarian makanan. 

Manfaat Perlindungan Margasatwa

Memang ada undang - undang yang melarang berburu hewan - hewan tertentu, misalnya badak, biawak komodo, orang utan dan lain hewan lagi. Tetapi adakah undang - undang yang melarang menangkapi ikan, atau berburu anak rusa? 

Undang - undang dari pemerintah memang tidak ada, tetapi ada hukum tidak tertulis dari para pemburu dan penangkap ikan itu sendiri. Membiarkan hewan - hewan itu berkembang biak dan membiarkan anak - anak hewan itu menjadi dewasa, berarti mempertahankan obyek kesenanganya.

Para pemburu binatang buas, seperti misalnya pemburu harimau, perlu sangat berhati - hati dan tidak boleh membiarkan hewan buas buruanya lepas terluka. Harimau yang cacat tidak akan mampu lagi menangkap mangsanya dihutan.

Karenanya harimau itu akan mencari mangsa yang mudah ditangkap, adalah hewan ternak atau manusia sendiri. Jadi pemburu yang kurang terampil akan dapat menyebabkan terjadinya bahaya pada masyarakat di sekitarnya. 

Demikian pula halnya dengan penangkapan ikan. Penangkapan ikan dengan tidak semena - mena akan mengakibatkan kemusnahan ikan. Dengan tidak menangkap ikan pada musim bertelur, para penangkap ikan memberi kesempatan pada ikan itu untuk berkembang biak. 

Tapi bagaimanakah halnya kalau yang dicari adalah telur dari hewan itu, seperti misalnya telur penyu? Hal itu dapat diatasi dengan cara pengambilan telur secara terbatas dan disamping itu pengambilan telur hanya dilakukan pada sebagian masa bertelur. Cobalah cari keterangan kapan masa dilarang mengambil telur penyu dan kapan masa diperkenankan mengambilnya.
Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel