Macam - Macam Keanekaragaman Genetika

Macam - Macam Keanekaragaman Genetika - Untuk keanekaragaman hayati cukuplah genetika sebagai cabang biologi yang memperlajari bagaimana sifat - sifat organisme diwariskan dari tetua kepada keturunanya. Keanekaragaman genetika inilah yang mendasari lahirnya keanekaragaman jenis. 
                       
                      Macam - Macam Keanekaragaman Genetika

Seperti yang telah diuraikan, seluruh individu suatu jenis memiliki kerangka dasar komponen sifat - sifat menurun yang sama. Kerangka dasar itu sendiri tersusun dari ribuan faktor kebakaan yang mengatur bagaimana sifat - sifat diwariskan.

Faktor - faktor inilah yang menentukan apakah hidung si Polan mancung atau tidak, mangga manis atau asam, biji jagung berwarna kuning, merah atau putih, untuk setiap ciri yang tampak atau pun sifat yang tidak tampak, dikendalikan oleh suatu faktor pengaturnya yang disebut gen.

Gen setiap individu walaupun kerangka dasarnya sama, komposisi atau susunan faktor dalam perangkatnya berbeda - beda, bergantung pada tetua yang menurunkanya. Susunan perangkat faktor gen inilah yang menentukan keanekaragaman individu.

Jadi, meskipun dalam jenis yang sama, masing - masing individu dalam jenis itu memiliki susunan faktor genetika yang tidak sama dengan susunan pada individu yang lain. Selain ditentukan oleh faktor genetikanya, ciri yang terlihat dan atau sifat yang tak terlihat dari luar setiap individu itu ditentukan pula oleh keadaan lingkungan atau merupakan perpaduan keduanya.

Dua individu yang mempunyai susunan faktor genetika sama akan menunjukan sifat dan atau ciri yang berbeda jika hidup dalam lingkungan yang jauh berbeda. Sebaliknya dua individu atau dalam satu jenis yang memiliki susunan faktor genetika yang berbeda, boleh jadi memperlihatkan kemiripan bila keduanya mendapat perlakuan dan hidup dalam lingkungan yang sama.

Begitu banyaknya kemungkinan bagaimana faktor genetika individu dalam satu jenis dapat tersusun dapat dikatakan tidak ada dua individu mempunyai susunan faktor genetika yang sama. Inilah yang mendasari terjadinya keanekaragaman individu atau keanekaragaman genetika. Hal ini dapat kamu amati disekelilingmu.

Tidak ada diantara temanmu yang persis sama. Bahkan dari 7 miliar penduduk dunia ini, kamu tidak akan mendapatkan dua orang saja yang tepat sama. Hal ini dapat kamu bayangkan bagaimana banyak kemungkinan susunan huruf atau bayangkan jumlah gen yang begitu besar yang jumlahnya tidak hanya 24 melainkan jutaan.

Kamu dapat mencoba menghitung banyaknya kemungkinan keanekaragaman genetika tersusun. Sebagai latihan mulailah dengan membuat kombinasi dar lima huruf a,b,c,d, dan e.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel