Penggolongan Darah Sistem - Rh (Golongan Darah)

Penggolongan Darah Sistem - Rh (Golongan Darah) - Rh merupakan antigen yang lain di dalam sel darah merah. Istilah Rh berasal dari "rhesus" karena antigen ini pertama kali ditemukan di dalam darah kera rhesus. Sel darah merah yang memiliki antigen Rh disebut Rh positif (Rh ⁺) sedangkan yang tidak memiliki antigen Rh disebut Rh negatif (Rh ⁺).

Jika orang yang memiliki darah Rh negatif ditransfusi darah Rh positif maka orang dengan darah Rh negatif belum mempunyai antibodi anti - Rh, tetapi dengan segera akan membentuk antibodi anti - Rh sehingga akan terjadi aglutinasi darah.
Masalah akan timbul jika seseorang dengan Rh negatif mengandung bayi dengan darah Rh positif. Meskipun sistem peredaran darah ibu dan anak terpisah, namun kadang - kadang ada sedikit se l- sel darah yang masuk pada sistem peredaran darah  ibu melalui plasenta.

Hal ini biasanya terjadi pada saat akhir kehamilan. Untuk merespon sel darah yang asing tersebut, pada darah ibu akan terbentuk antibodi dan antibodi tersebut dapat masuk ke dalam sistem peredaran darah bayi melalui plasenta.

Darah bayi merupakan protein asing bagi antibodi, sehingga antibodi akan bereaksi terhadap darah bayi dan dapat menyebabkan aglutinasi. Hal ini menyebabkan anemia atau kematian pada bayi yang disebut eritoblastosis faetalis.

Biasanya ibu dengan darah Rh negatif dapat melahirkan bayi pertama dengan selamat, tetapi untuk bayi selanjutnya akan bermasalah. Saat ini ilmuwan telah mengembangkan suatu cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Penggolongan Darah Sistem - Rh (Golongan Darah)

Setelah kehamilan, ibu dengan Rh negatif diberikan suntikan suatu substansi yang dapat menghancurkan anti - Rh yang ada dalam darahnya dan hasilnya, ibu tersebut dapat melahirkan bayinya pada kehamilan berikutnya dengan selamat, seperti yang tampak pada gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel