Sel Dan Jaringan Tumbuhan Dan Macam Bentuk Sel

Sel Dan Jaringan Tumbuhan Dan Macam Bentuk Sel - Secara umum tumbuhan berbiji memiliki struktur dasar organ yang sama yang terdiri dari akar, batang serta daun. Ketiga struktur organ tersebut memiliki variasi dalam hal ukuran, bentuk serta fungsi pada setiap jenis tumbuhan. Seperti yang tampak pada gambar.

Adanya variasi dari ketiga unsur struktur dasar tersebut memungkinkan tumbuhan dapat melangsungkan kehidupanya dalam lingkungan yang beragam seperti daerah perairan dan gurun pasir yang tandus.
Semua jenis tumbuhan memiliki dasar persoalan yang sama, yaitu bagaimana mereka dapat memperoleh air dari dalam tanah melalui akar dan membawanya hingga sampai di daun untuk bahan dasar fotosintesis.

Semua organisme tersusun atas sel yang memiliki variasi dalam bentuk, ukuran serta fungsi. Sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan karena memiliki struktur khusus yaitu sel tumbuhan mempunyai dinding sel yang nyata dan bersifat kaku, sehingga tumbuhan tidak dapat bebas berpindah tempat sebagaimana hewan.

Sel Dan Jaringan Tumbuhan Dan Macam Bentuk Sel

Sel tumbuhan memiliki organel khusus untuk fotosintesis yang berupa kloroplas atau plastisida. Kloroplas mengandung pigmen klorofil yang dapat mengabsorpsi energi matahari dan dapat mengubah senyawa organik dan air menjadi senyawa karbohidrat yang dapat digunakan oleh makhluk hidup lain sebagai makanan. Dengan struktur ini maka tumbuhan hijau merupakan produsen bagi organisme lain dan bersifat fotoautotrof.

Bentuk sel tumbuhan bermacam- macam , ada yang berbentuk kubus, prisma, kotak, elips dan poligonal serta memanjang seperti serabut dan ada yang seperti pipa. Beberapa sel tumbuhan memiliki diameter sampai 1 mm atau lebih sehingga dapat dilihat dengan mata biasa.

Pada dasarnya sel tumbuhan mempunyai dua bagian utama yaitu protoplas dan dinding sel. Protoplas terdiri dari bagian- bagian yang bersifat hidup dan tidak hidup, sedangkan dinding sel bersifat tidak hidup.

Ciri khas yang lain dari sel tumbuhan adalah memiliki vakuola yang besar dan berperan sebagai tempat cadangan makanan serta memelihara kekakuan dinding sel dari cengkeraman stres lingkungan.

Kelompok sel tumbuhan tertentu membentuk suatu kelompok sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama dan disebut jaringan. Jaringan pada tumbuhan berasal dari pembelahan sel embrional yang berdiferensiasi menjadi bermacam- macam bentuk yang memiliki fungsi khusus.

Berdasarkan aktivitas pembelahan sel selama fase pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan tumbuhan, maka jenis jaringan pada tumbuhan dibagi menjadi dua, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa atau permanen.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel