Fungsi Limfosit Tipe Dan Jenisnya (Sistem Kekebalan Tubuh)

Fungsi Limfosit Tipe Dan Jenisnya (Sistem Kekebalan Tubuh) - Limfosit merupakan bagian dari sel darah putih, dalam tubuh jumlahnya berkisar 20-30% dari total sel darah putih. Limfosit terdiri dari limfosit T, limfosit B dan sel - sel NK.  
Limfosit T ( Thymus - Dependent)
Limfosit T merupakan limfosit yang paling banyak jumlahnya sekitar 80% dari total limfosit yang beredar dalam tubuh. Sel- sel limfosit T memiliki beberapa tipe diantaranya Sel T sitotoksik, Sel T helper dan sel T supresor.
  • Sel T sitotoksik berfungsi untuk menyerang sel asing atau sel tubuh yang terserang oleh sel asing. Mekanisme penyerangan sel dari sel T sitotoksik adalah dengan cara kontak langsung.
  • Sel limfosit ini merupakan sel utama yang terlibat dalam memperoleh imunitas yang diperantarai oleh cell- mediated immunity atau imunitas seluler.
  • Sel T helper berfungsi untuk menstimulasi aktivasi dan fungsi sel T maupun sel limfosit B.
  • Sel T suprresor menghambat aktivasi dan fungsi sel - sel T maupun sel- sel B.
Limfosit B (Bone Marrow - derived)
Sel limfosit B jumlahnya sekitar 10-15% dari total sel limfosit yang beredar. Sel ini, jika terstimulasi akan berdeferensi menjadi sel plasma. Sel plasma berfungsi dalam produksi dan sekresi antibodi (imunoglobulin). Antibodi mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan benda asing (antigen).

Sebagian besar antigen merupakan patogen yang berupa protein, lipid, polisakarida dan asam nukleat. antigen yang masuk kedalam tubuh akan memicu tubuh untuk membentuk anti bodi.

Pada saat antibodi berikatan dengan target atau antigen maka serangkaian proses terjadi untuk menghancurkan target yang diperantarai oleh antibodi atau biasa disebut imunitas humoral.
Sel - Sel NK (Natural Killer)


Fungsi Limfosit Tipe Dan Jenisnya (Sistem Kekebalan Tubuh)

Sekitar 5-10 persen dari limfosit yang beredar di dalam tubuh adalah sel-sel NK. Sel- sel NK juga disebut limfosit bergranula besar. Sel ini berfungsi menyerang sel asing, sel normal yang terinfeksi virus dan sel kanker yang muncul dari sel normal, seperti yang tampak pada gambar.

Fungsi Limfosit Tipe Dan Jenisnya (Sistem Kekebalan Tubuh)

Selain limfosit T, limfosit B dan sel NK, ada juga beberapa sel yang ikut berpartisipasi dalam sistem pertahanan tubuh. Sel yang ikut berpartisipasi dalam sistem pertahanan tubuh dan fungsinya seperti yang tampak pada tabel.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel