Hereditas Manusia Peranan Ilmu Genetika Dan Jenis Kelamin Manusia

Hereditas Manusia Peranan Ilmu Genetika Dan Jenis Kelamin Manusia - Pemahaman tentang konsep gen dan pembelahan sel dapat anda aplikasikan untuk kehidupan yang lebih baik. Mengapa demikian? Fase dewasa yang akan anda masuki, membuat suatu pilihan untuk mencari pasangan hidup yang sehat agar terbentuk generasi yang sehat pula.

Oleh karena itu, pemahaman tentang kelainan - kelainan dan penyakit menurun harus anda pahami. Bagaimanakah tanda - tandanya? Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Adakah cara atau usaha untuk menghindari kemungkinan diturunkanya kelainan dan penyakit tersebut pada keturunan selanjutnya?
  • Peranan Ilmu Genetika Pada Manusia
Ilmu genetika memberikan peranan yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan manusia. Banyak varietas hewan dan tumbuhan baru yang dihasilkan dari aplikasi ilmu genetika. Bahkan banyak permasalahan yang menyangkut tubuh manusia, seperti penyakit dan kelainan yang dipecahkan  dengan aplikasi ilmu genetika. Baca Hereditas Dan Manusia.

Namun, penggunaan manusia sebagai objek penelitian oleh para ahli seringkali mengalami kesukaran. Beberapa hal yang menyebabkan adalah sebagai berikut :
  • Tidak mudah untuk menjadikan manusia sebagai objek penelitian, terutama apabila diteliti cacat atau memiliki kelainan karakter pada tubuhnya atau keluarganya.
  • Sulit sekali peneliti menganjurkan orang, agar mau menuruti kemauan atau harapanya. Hal tersebut karena rendahnya pemahaman tentang kemungkinan memiliki keturunan yang cacat, jika memilih pasangan hidup yang carrierr.
  • Manusia termasuk jenis makhluk hidup yang mempunyai keturunan relatif sedikit sehingga data yang didapat dari perbandingan karakter tertentu sangat kecil. Secara statistika hal ini tidak memenuhi syarat.
  • Umur manusia dan daur hidupnya panjang sehingga penelitian memerlukan waktu panjang, karena data yang akurat sangat diperlukan.
Oleh karena kesukaran - kesukaran tersebut, genetika manusia (human genetic) dipelajari dengan menggunakan cara - cara lain, yaitu sebagai berikut :
  • Pedigree (peta silsilah) adalah catatan asal - usul suatu sifat dari nenek moyang hingga anak cucu selama beberapa generasi berturut - turut.
  • Meneliti genetika pada hewan mungkin mempunyai sifat atau karakter yang dapat diterapkan pada manusia.
  • Mempelajari peristiwa penurunan sifat pada anak kembar. 
Pada anak kembar, sering ditemukan adanya persamaan sifat sehingga dapat dipelajari peristiwa penurunan. Berdasarkan kejadianya, kembar ada dua macam, yaitu sebagai berikut :
  • Kembar identik, yaitu individu - individunya berasal dari satu zigot (satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma). Pada tahap awal pembelahan, zigot itu membelah menjadi sel yang terpisah dan masing - masing berkembang menjadi individu baru sehingga individu - individu tersebut memiliki sifat - sifat yang hampir sama.
  • Kembar fraternal atau kembar biasa, yaitu individu - individunya berasal dari dua zigot yang berbeda (dua sel telur dibuahi oleh dua sel sperma) sehingga sifatnya agak berbeda.
Hereditas Manusia Peranan Ilmu Genetika Dan Jenis Kelamin Manusia

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa tidak ada dua individu yang sama persis walaupun kembar siam. Mengapa demikian? 
  • Jenis Kelamin
Manusia memiliki 23 pasang kromosom. Kita telah mengetahui bahwa kromosom tersebut terbagi menjadi autosom dan kromosom seks. Jenis kelamin pada manusia, ditentukan oleh sepasang kromosom seks. Kromosom X untuk perempuan dan kromosom Y untuk laki - laki. Susunan kromosom perempuan bersifat heterogametik (XY).

Pada pembentukan gamet (pembelahan meiosis) seorang perempuan hanya akan menghasilkan satu macam sel gamet, yaitu kromosom X, sedangkan laki - laki akan menghasilkan dua macam sel gamet yang mengandung kromosom X dan kromosom Y. Autosom dibagi ke dalam jumlah yang sama, yaitu 22 pasang setiap gamet.

Jenis kelamin anak, ditentukan oleh ayah karena ibu hanya menghasilkan satu macam sel gamet. Dengan demikian, seorang ibu akan memberikan jenis kromosom seks yang sama, baik kepada laki - laki maupun kepada anak perempuan. Sementara itu, seorang ayah akan memberikan kromosom X kepada anak perempuan dan kromosom Y kepada anak laki - laki.

Sekarang anda pasti sudah mengerti bahwa seorang ayah dan ibu memberikan seperangkat gen kepada setiap keturunanya. Apabila seorang ayah atau ibu memiliki kelainan penyakit yang disebabkan oleh gen maka terdapat kemungkinan penyakit tersebut juga akan diturunkan. Akan tetapi, apakah orang tua yang cacat akan selalu memiliki anak yang cacat?.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel