Perbandingan dan Perubahan Eohippus dengan Equus

Perbandingan Dan Perubahan Eohippus dengan Equus  -  Berdasarkan kerangka yang telah menjadi fosil, kuda itu hanya sebesar kucing. Jari - jari muka berjumlah 4. sedangkan jari - jari kaki belakang berjumlah 3. Jika kita bandingkan Eohippus dengan Equus (kuda zaman sekarang) tampak sekali perbedaanya.


Coba perhatikan lagi ikhtisar gambar diatas. Dari ikhtisar itu dapat kita pelajari, bagaimana proses evolusi kuda itu berlangsung.

Perubahan - perubahan yang terjadi dari Eohippus hingga Equus adalah sebagai berikut:
  1. Perubahan ukuran tubuh. Dimulai dari sebesar kucing hingga kuda sekarang. 
  2. Kepala semakin besar. Jarak antara ujung mulut hingga bagian mata menjadi semakin panjang.
  3. Leher semakin panjang dan gerakanya semakin lincah.
  4. Geraham muka dan belakang menunjukan adanya perubahan - perubahan, dari kecil sampai menjadi besar, begitu pula bentuknya, menjadi lebih sesuai untuk pemakan jenis rumput - rumputan. 
  5. Anggota tubuh semakin panjang. Hal ini sejalan dengan kemampuan lari yang semakin cepat. Tetapi gerakan rotasi tubuh menjadi mundur. 
  6. Jumlah jari kaki semakin kurang, dari 5 jari menjadi hanya satu jari saja, yaitu jari tengah dan bentuknya semakin panjang dari jari moyangnya. Ujung jari setiap kaki ditutupi oleh kuku. Sisa - sisa jari kedua dan keempat masih terdapat sebagai organ - organ sisa yang tidak berfungsi lagi.
Perbandingan dan Perubahan Eohippus dengan Equus

Dengan perubahan - perubahan seperti diatas kuda menjadi hewan yang dapat lari semakin cepat dan dapat hidup di lapangan rumput terbuka. Gigi berlapis email yang tebal, geraham lebar bergelombang tajam, berfungsi alat mekanik penghancur rumput yang baik. 

Perubahan - perubahan yang ditunjukan oleh fosil - fosil kuda Equus, merupakan suatu kenyataan yang memperkuat kebenaran adanya evolusi, yaitu perubahan - perubahan yang berlangsung secara perlahan - lahan dalam waktu yang lama sekali.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel